Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Isi Bahan Bakar di SPBU Dapat Voucher Rp600 Ribu? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 23 Oktober 2020 13:36
Beredar pesan berantai yang menyebutkan mengisi bahan bakar diSPBU mendapatkan voucher senilai Rp600 ribu. Pesan ini beredar di aplikasi Whatsapp.
 
Dalam pesan berantai tersebut, warga yang ingin mendapatkan voucher tersebut diminta masuk ke tautan link yang disebarkan. Berikut pesan berantainya.

"Rencana pengalaman pengisian bahan bakar
 
Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU terdekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah Langkah-langkah aplikasi
 
????Kunjungi situs web di bawah ini
????Isi formulir data pribadi
????Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
????Bantuan akan dikirim melalui rekening bank
harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan
 
https://jkhb.vip/j/"


[Cek Fakta] Isi Bahan Bakar di SPBU Dapat Voucher Rp600 Ribu? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta Medcom.id, klaim isi bahan bakar di SPBU dapat voucher Rp600 ribu adalah salah. Faktanya, diduga situs tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.
 
Dilansir dari Situs Pertamina.com, tidak ada informasi pembagian voucher Rp600 ribu bagi pembeli bahan bakar di SPBU. Namun, Pertamina sendiri pernah memberikan promo pembelian BBM dan Gas LPG.
 
Menyambut Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pertamina menggelar berbagai Promo Kemerdekaan selama sebulan penuh dari 1 – 31 Agustus 2020. Promo tersebut dikemas dalam berbagai bentuk; cashback 30 persen untuk pembelian BBM jenis Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex serta diskon pembelian tabung perdana dan isi ulang bright gas 5,5 Kg dan 12 Kg.
 
Unit Manager Communication & CSR Pertamina wilayah Marketing Operation Region IV, Anna Yudhiastuti mengatakan, Promo Kemerdekaan merupakan bagian dari upaya Pertamina memeriahkan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Karena itu, promo ini dikemas sesuai dengan semangat kemerdekaan.
 
“Pertamina selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik kepada konsumennya di seluruh Indonesia, karena itu kami senantiasa hadirkan berbagai inovasi dan promosi. Promo Kemerdekaan tersebut bagian dari upaya membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah tantangan COVID-19,” tutur Anna.
 
Dirinya menambahkan, selama bulan Agustus, Pertamina memberikan cashback 30 persen atau maksimal Rp15.000 untuk setiap pembelian BBM jenis Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.
 
Cahsback akan ditambahkan dalam saldo LinkAja pelanggan (LinkAja merupakan digital payment MyPertamina) maksimal 724 jam dari tanggal transaksi dan akan ditambahkan dalam saldo akun MyPertamina pelanggan.
 
“Promosi itu sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan transaksi nontunai yang aman, nyaman dan cepat,” imbuh Anna.
 
Pertamina, tambah Anna, juga memberikan diskon sebesar Rp17.000 untuk pembelian tabung perdana dan isi ulang Bright Gas 5,5 Kg, dan Rp45.000 untuk pembelian tabung perdana dan isi ulang Bright Gas 12 Kg.
 
“Diskon bright gas berlaku bagi 500 orang pertama per hari yang melakukan pembelian tabung perdana maupun isi ulang yang bisa didapatkan melalui Pertamina Delivery Service (PDS) melalui Call Center Pertamina 135 atau layanan Whatsapp PDS di no 08111 350 135 yang tersedia di berbagai kota di seluruh Indonesia,” terangnya.
 
[Cek Fakta] Isi Bahan Bakar di SPBU Dapat Voucher Rp600 Ribu? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim isi bahan bakar di SPBU dapat voucher Rp600 ribu adalah salah. Faktanya, diduga situs tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Isi Bahan Bakar di SPBU Dapat Voucher Rp600 Ribu? Ini Faktanya
Referensi:
https://pertamina.com/id/news-room/energia-news/pertamina-berikan-promo-pembelian-bbm-dan-lpg
 
*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

[Cek Fakta] Isi Bahan Bakar di SPBU Dapat Voucher Rp600 Ribu? Ini Faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif