Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dikabarkan Meninggal? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 06 Maret 2021 12:22
Beredar kabar yang menyebutkan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwodinoto CES atau Pakde Karwo meninggal dunia. Kabar ini menyebar lewan pesan berantai WhatsApp.
 
Selain itu. Pesan itu diikuti gambar ucapan duka cita atas kabar meninggalnya Soekarwo. Berikut narasi yang beredar:

"Innaa lillaahi wa innaa ilaihi roo'jiuun..,
 
Allahummaghfirlahuu warhamhuu wa'afihi wa'fu'anhuu..

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Turut berdukacita atas meninggalnya Bpk. Ir. Soekarwodinoto, CES, ( Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim) semoga Almarhum diampuni salah, khilaf & dosa²nya, diterima seluruh amal ibadahnya & diberi tempat yg terbaik disisi NYA..._
Bagi keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran, serta keikhlasan dlm ketentuan NYA ???? Aamiin³ yaa robbal'aalamiin.. ????
 
Al-Fatihah"


 
[Cek Fakta] Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dikabarkan Meninggal? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwodinoto CES atau Pakde Karwo meninggal dunia adalah hoaks. Informasi ini telah dibantah orang dekat Pakde Karwo.
 
Dilansir Detik.com, Anom Surahno yang menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur sekaligus orang dekat Soekarwo menyebut, kabar tersebut tidak benar. Menurut Anom, kabar meninggalnya Ir Soekarwodinoto, CES itu memang benar. Tapi bukan Soekarwo mantan Gubernur Jatim.
 
"Nggak, hoaks itu. Pakde alhamdulillah sehat wal afiat. Iya itu namanya Seokarwodinoto, pejabat Kabupaten Banyuwangi. Yang meninggal betul Soekarwodinoto, tapi itu insinyur. Tapi yang berita di WhatsApp itu ada kurungnya, itu keliru," jelasnya.
 
Kabar meninggalnya Soekarwo juga langsung direspons Dewan Pertimb ngan Presiden (Wantimpres). Melalui sejumlah akun resmi media sosialnya, Wantimpres membantah kabar yang menyebut Soekarwo meninggal dunia.
 
"Bapak Soekarwo, anggota Wantimpres saat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Berita yang beredar adalah tidak benar (hoaks), dan nama beliau yang sesuai adalah Dr H Soekarwo, SH, M.Hum. Kiranya masyarakat dapat bijaksana menyikapi hal tersebut," demikian keterangan dari akun twitter @WantimpresRI.
 

[Cek Fakta] Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dikabarkan Meninggal? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwodinoto CES atau Pakde Karwo meninggal dunia adalah hoaks. Informasi ini telah dibantah orang dekat Pakde Karwo.
 
Informasi ini jenis hoaksfabricated content(konten palsu).Fabricated contentterbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dikabarkan Meninggal? Cek Faktanya

 

Referensi:
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5482242/kabar-soekarwo-meninggal-hoaks-ini-kebenarannya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif