Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Siswa Ngumpet di Bawah Meja Saat Jokowi Datang? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 14 April 2021 13:01
Beredar sebuah foto yang diklaim memperlihatkan sejumlah siswa bersembunyi di bawah meja saat Presiden Joko Widodo datang ke dalam kelas. Foto itu disebar ke media sosial.
 
Akun Facebook Andrew SydneyGrey membagikan foto itu pada Rabu, 13 April 2021. Pada unggahan itu, akun itu menyisipkan narasi bertuliskan sebagai berikut:


"Anak-anak tuh kagak bisa bohong, mereka ngumpet karna yang datang itu bencana…????”


Benarkah para siswa bersembunyi di bawah meja saat didatangi Presiden Jokowi? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Siswa <i>Ngumpet</i> di Bawah Meja Saat Jokowi Datang? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan para siswa bersembunyi di bawah meja saat didatangi Presiden Jokowi adalah salah. Faktanya, para siswa sedang menunjukkan simulasi gempa di SD Negeri Panimbang Jaya 1, Banten. Foto identik ditemukan pada akun resmi Instagram Sekretariat Kabinet RI @sekretariat. Foto itu diambil pada saat Kepala Negara melakukan sosialisasi program Tagana Masuk Sekolah (TMS) di SD Negeri Panimbang Jaya 1, Banten.

"Presiden Joko Widodo meninjau sosialisasi program Tagana Masuk Sekolah di SD Negeri Panimbang Jaya 1, dan memimpin Apel Siaga Bencana di Lapangan Cikadu Indah, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2) pagi.”


Foto serupa juga dimuat Tagar.id melalui artikel berjudul "Foto: Ketika Jokowi dan Anak-anak Banten Lakukan Simulasi Gempa” dimuat pada 19 Februari 2019. Pada keterangan foto dijelaskan bahwa Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke SDN 01 Panimbangjaya, Pandeglang, Banten, dalam rangka sosialisasi program TMS.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Siswa <i>Ngumpet</i> di Bawah Meja Saat Jokowi Datang? Begini Faktanya
 

Pula, dilansir Detik.com, Jokowi menyambangi SD Negeri 01 Panimbangjaya, Pandeglang, Banten, pada pukul 09.00 WIB, Senin 18 Februari 2019. Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang.
 
Kedatangan Jokowi disambut dengan nyanyian tanggap bencana oleh siswa kelas V SD 01 Panimbangjaya, dengan bimbingan guru dan petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana). Mereka bernyanyi sambil memperagakan gerakan antisipasi bencana.
 
"Kalau ada gempa lindungi kepala. Kalau ada gempa masuk ke kolong meja. Kalau ada gempa hindari kaca. Kalau ada gempa pergi ke titik kumpul," demikian lirik lagu yang dinyanyikan siswa SD tersebut.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Siswa <i>Ngumpet</i> di Bawah Meja Saat Jokowi Datang? Begini Faktanya
 

 
Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan para siswa bersembunyi di bawah meja saat didatangi Presiden Jokowi adalah salah. Faktanya, para siswa sedang menunjukkan simulasi gempa di SD Negeri Panimbang Jaya 1, Banten.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Siswa <i>Ngumpet</i> di Bawah Meja Saat Jokowi Datang? Begini Faktanya

 

Referensi:
https://www.instagram.com/p/BuAyxaeAPkF/
https://www.tagar.id/foto-ketika-jokowi-dan-anakanak-banten-lakukan-simulasi-gempa/
https://news.detik.com/berita/d-4432596/didatangi-jokowi-siswa-sd-di-pandeglang-simulasi-bencana-gempa
https://archive.md/X551G
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif