Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ketua KPU Arief Budiman Menuju AS Bantu Donald Trump? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 10 November 2020 11:59
Beredar sebuah narasi yang menuebutkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman bertolak ke Amerika Serikat. Kadatangan Arief Budiman ingin membantu Doland Trump yang kalah di Pilpres AS.
 
Akun facebook atas nama Jurasic Jurasic membagikan narasi ini pada 7 November 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

"Otw..mau ke Amerika..bantuin Donal trum....genjooot Nyang kenceng bang sopir biar cepat nyampe"


Dalam narasi tersebut, foto Arief Budiman digambarkan sedang menduduki kotak suara kardus. Dan tengah menaiki odong-odong.
 
[Cek Fakta] Ketua KPU Arief Budiman Menuju AS Bantu Donald Trump? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Ketua KPU Arief Budiman menuju Amerika Serikat untuk membantu Doland Trump adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid dan narasi tersebut diketahui hasil suntingan. Diketahui, foto dalam narasi tersebut hasil suntingan. Foto asli Ketua KPU sedang menduduki kotak suara krdus ditemukan dalam artikel berjudul "Kotak Suara Kardus Terbukti Kuat". Artikel dimuat di situs Medcom.id pada 17 Desember 2018.
 
Dalam artikel yersebut, kotak suara untuk Pemilu Serentak 2019 diyakini tahan menampung berat lebih dari 80 kilogram. Kotak juga dipastikan kedap air.
 
Arief Budiman membuktikan dengan menduduki kotak suara berbahan dupleks tersebut. Kotak tersebut bisa menahan berat tubuh Arief tanpa sedikit pun berubah bentuk.
 
Arief melanjutkan dengan menyiram kotak di berbagai sisi. Kotak kemudian dibuka dan tak ada air merembes di dalam. Hanya sisi badan kotak mendapat noda air.
 
"Karton yang dalam kondisi normal kalau terpercik air itu masih bisa bertahan, artinya kalau dibawa dalam kondisi gerimis, hujan, dia (kotak suara) bisa melindungi," ucap Arief di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin, 17 Desember 2018.
 

[Cek Fakta] Ketua KPU Arief Budiman Menuju AS Bantu Donald Trump? Ini Faktanya
 
Dialnsir dari Liputan6.com, KPU memamerkan kekuatan kotak suara untuk Pemilu 2019. Kotak suara yang berbahan karton kedap air tersebut ditunjukkan langsung oleh Komisioner KPU Evi Novida dan Pramono UT pada Jumat, 14 Desember 2018 lalu.
 
Meski kotak suara kardus dengan model berbahan karton kedap air, KPU memastikan bahan ini kuat. Benda penampung surat suara yang biasa berbahan alumunium/seng itu kini dipertanyakan sejumlah pihak karena dinilai rentan dalam menjaga hak suara masyarakat dan dikhawatirkan gampang dicurangi.
 
Namun, Ketua KPU Arief Budiman membantah hal tersebut. Ia menegaskan, kotak suara kardus dengan model berbahan karton kedap air tetap mampu menjaga suara masyarakat. Selain itu, biaya pengadaaan kotak suara kardus dengan model berbahan karton kedap air ini juga lebih minim.
 
[Cek Fakta] Ketua KPU Arief Budiman Menuju AS Bantu Donald Trump? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Ketua KPU Arief Budiman menuju Amerika Serikat untuk membantu Doland Trump adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid dan narasi tersebut diketahui hasil suntingan.
 
Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 
[Cek Fakta] Ketua KPU Arief Budiman Menuju AS Bantu Donald Trump? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.vn/dJE06
2.https://www.liputan6.com/news/read/3839178/4-fakta-kotak-suara-kardus-untuk-pemilu-2019
3.https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/aNrqXPaK-kotak-suara-kardus-terbukti-kuat
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif