Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Pintu Kaca Indomaret Pecah karena Pembeli Berebut Minyak Goreng Murah? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 26 Januari 2022 14:42
Beredar foto yang memperlihatkan pintu kaca Indomaret pecah. Penyebabnya diklaim karena pembeli yang berebut ingin mendapatkan minyak goreng murah.
 
Akun Facebook Maretta Uli Chinaga ikut membagikan foto itu pada Rabu, 19 Januari 2021. Pada unggahan fotonya, akun itu menyertakan keterangan sebagai berikut:

"Gara gara minyak pecah kaca indomaret.
Ganas kali mak mak rebutan minyak.hahahah"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Pintu Kaca Indomaret Pecah karena Pembeli Berebut Minyak Goreng Murah? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan pintu kaca Indomaret pecah akibat pelanggan yang rebutan minyak goreng murah adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak Indomaret. Public Relations Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) A Nenny Kristyawati menjelaskan kejadian pecahnya kaca Indomaret berlokasi di Aceh, dan tidak ada hubungannya dengan masyarakat yang ramai-ramai ingin membeli minyak goreng murah.
 
Penyebab kaca Indomaret pecah karena peristiwa kecelakaan karyawan toko pada 19 Januari 2022 pukul 10.00. Karyawan toko tersebut hendak pergi mencetak sarana promosi dan saat menghidupkan motor, justru menekan gas kendaraan terlalu dalam.

"Kejadian di toko Indomaret di Aceh adalah insiden kecelakaan murni. Sama sekali tidak terkait dengan adanya pembelian minyak goreng di toko," ujar Nenny, seperti diberitakan Kompas.com, Jumat 21 Januari 2022.


 
Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan pintu kaca Indomaret pecah akibat pelanggan yang rebutan minyak goreng murah adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak Indomaret.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Pintu Kaca Indomaret Pecah karena Pembeli Berebut Minyak Goreng Murah? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.kompas.com/cekfakta/berita/160658582-hoaks-kaca-indomaret-pecah-diserbu-pembeli-yang-berebut-minyak-goreng?page=all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif