Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Rapid Test di Bandara Soekarno-Hatta Bayar Rp550.000? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 20 Mei 2020 19:00
Beredar kabar yang menyebut tes cepat (rapid test) virus Korona baru (covid-19) di Bandara Soekarno-Hatta dikenakan biaya Rp.550.000. Kabar itu menyebar melalui beberapa platform media sosial.
 
Akun Facebook SuketTeki turut membagikan informasi itu melalui unggahan video yang memperlihatkan aktivitas di Bandara pada Kamis, 14 Mei 2020. Pemilik akun menambahkan keterangan pada video tersebut bertuliskan:
 
"Sebelum chek in bayar rapid tes dl Rp 550.000, tanpa terkecuali... Waoo bisnis baru di bandara"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] <i>Rapid</i> <i>Test</i> di Bandara Soekarno-Hatta Bayar Rp550.000? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa rapid test covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta dikenakan biaya Rp.550.000 adalah salah. Informasi tersebut telah dibantah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta.
 
Dilansir Kompas.com, Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma'ruf menegaskan rapid test virus korona dan pelayanan pemeriksaan kesehatan di Soekarno-Hatta tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun ia menyebutkan layanan tersebut hanya untuk WNI yang pulang dari luar negeri atau repatriasi.
 
"Adapun penumpang yang domestik mereka harus tes di luar bandara, artinya dari rumah sakit," kata Anas saat dihubungi Kompas.com, Senin 11 Mei 2020.
 
Anas mengimbau bagi calon penumpang yang ingin menggunakan pesawat harus melengkapi segala persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid. Salah satu syaratnya adalah mereka harus menunjukkan surat keterangan sehat bebas covid-19 dan merupakan penumpang yang memenuhi kriteria untuk terbang pada masa pandemi.
 
"Itu kan syaratnya sebelum membeli tiket. Selain punya dokumen, surat jalan dan lain-lain itu, mereka juga harus punya surat sehat atau surat bebas covid yang bisa dilakukan dari rapid test," kata Anas.
 

[Cek Fakta] <i>Rapid</i> <i>Test</i> di Bandara Soekarno-Hatta Bayar Rp550.000? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa rapid test covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta dikenakan biaya Rp.550.000 adalah salah. Informasi tersebut telah dibantah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://travel.kompas.com/berita/191100527-kkp-bandara-soekarno-hatta--tes-cepat-virus-corona-gratis-hanya-untuk-wni?page=all
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif