Tangkapan layar pemberitaan larangan pembuatan kue berisi ucapan selamat Natal di outlet TOUS les JOURS dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan larangan pembuatan kue berisi ucapan selamat Natal di outlet TOUS les JOURS dari media sosial

[HOAKS] Dilarang Tulis Ucapan Natal di Kue TOUS les JOURS

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 23 November 2019 08:21
Beredar di media sosial sebuah video dan foto yang memuat informasi tentang peraturan penulisan ucapan kue di salah satu outlet TOUS les JOURS. Di dalam foto terlihat secarik kertas berisi peraturan melarang pembuatan kue dengan ucapan selamat perayaan hari besar tertentu.
 
Secara lengkap peraturan itu tertulis:
 
PERATURAN PENULISAN UCAPAN CAKE

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Referensi: Sistem Jaminan Halal-Produk-Profil produk tidak boleh menjual sesuatu yang tidak sesuai syariat Islam. Store tidak boleh menulis di atas kue ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti
1. Ucapan selamat hari besar Agama, misal: Natal, Imlek, dll
2. Perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, misal: valentine, halloween, dll

 
Store diperbolehkan menulis di atas cake ucapan seperti:
1. Ucapan selamat untuk hari jadi, misalkan pernikahan, promosi jabatan, dst
2. Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal: I Love U, you're the best

 
Akun @GuritnaPramana diketahui membagikan informasi itu pada Kamis, 21 November 2019. Hingga saat ini, unggahan itu telah di-retweet sebanyak 1,1 ribu kali dan mendapat 564 komentar. Foto dan video itu juga menyebar melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp.
 
Tak sampai di situ, pemilik akun @GuritnaPramana kembali membagikan sebuah video berisi beberapa pelanggan mengajukan keberatan kepada petugas outlet atas peraturan tersebut. Pelanggan meminta peraturan tersebut ditarik oleh manajemen.
 

[HOAKS] Dilarang Tulis Ucapan Natal di Kue TOUS les JOURS
 

Penelusuran:
Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa salah satu outlet TOUS les JOURS yang melarang pembuatan kue dengan ucapan selamat perayaan hari besar agama tertentu adalah hoaks.
 
Faktanya, melansir dari media sosial resminya di Instagram, manajemen TOUS les JOURS membantah bahwa aturan tersebut bukan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen TOUS les JOURS. Di bagian akhir klarifikasi, manajemen TOUS les JOURS meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada TOUS les JOURS.
 
Berikut secara lengkap isi klarifikasi dari manajemen TOUS les JOURS:
 
Pengumuman Klarifikasi
 
Jakarta, 22 November 2019
 
Sehubungan dengan beredarnya video, foto, dan/atau informasi lainnya tentang "Peraturan Penulisan Ucapan Cake" yang terjadi di salah satu outlet kami, dengan ini manajemen TOUS les JOURS Indoenesia menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
 
1. Bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen kami;
 
2. Bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya dan/atau antar golongan
 
3. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada TOUS les JOURS selama ini.
 
Demikian klarifikasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama semua pihak, kami ucapkan terima kasih.
 
Hormat Kami
Manajemen TOUS les JOURS Indonesia
 

[HOAKS] Dilarang Tulis Ucapan Natal di Kue TOUS les JOURS

 

Sementara itu, disitat dari Tempo.co, melalui artikel berjudul "Viral Larangan Ucapan Natal di Kue Tous Les Jours, Ini Kata MUI", Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Sumunar Jati memberikan penjelasan terkait larangan pembuatan ucapan selamat hari besar di outlet Tous les Jours. Berikut penjelasannya:
 
Jati mengatakan lembaganya tidak meminta toko kue itu untuk memajang aturan semacam itu. Ditambah lagi, menurut dia, pemaparan yang disampaikan dalam pemberitahuan tersebut keliru.
 
"Tidak ada aturan untuk dipajang begitu dan bukan seperti itu juga pemaparannya," jelas Jati Jumat, 22 November 2019.
 
Jati membenarkan bahwa untuk memperoleh sertifikat halal berdasarkan aturan soal kriteria produk memang ada ketentuan bahwa penamaan produk tidak boleh bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk toko kue, tuturnya, penamaan jenis kue harus mengikuti aturan tersebut, termasuk tulisan pada kue yang dipajang ditoko.
 
Namun, aturan itu tidak berlaku untuk kustomisasi pada kue yang akan dibawa pulang. "Jika permintaannya customize, permintaan konsumen perorangan yang dihias lalu dibawa pulang tidak termasuk yang diatur," kata Jati.
 
Ia mengatakan toko masih boleh melayani penulisan ucapan hari raya agama selain Islam, dengan catatan pesanan itu bersifat custom dan dibawa pulang alias tidak dipajang di toko.

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa salah satu outlet TOUS les JOURS yang melarang pembuatan kue dengan ucapan selamat perayaan hari besar agama tertentu adalah hoaks.
 

Referensi:
https://www.instagram.com/p/B5JzwrVFzAw/
https://bisnis.tempo.co/read/1275485/viral-larangan-ucapan-natal-di-kue-tous-les-jours-ini-kata-mui
 

Sumber:
https://twitter.com/GuritnaPramana/status/1197532542775300098
https://twitter.com/GuritnaPramana/status/1197905222229798917
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif