Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Kerusuhan di Petamburan? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 23 November 2020 18:22
Beredar di media sosial sebuah video yang memperlihatkan masyarakat berhamburan dikejar kendaraan taktis TNI. Diklaim, video itu memperlihatkan kerusuhan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
 
Akun Facebook ahmadyanibanser_reborn turut membagikan video berdurasi 39 detik itu pada Sabtu, 21 November 2020. Akun itu juga menambahkan narasi pada unggahan videonya, bertuliskan sebagai berikut:

“JNG MACAM2 DG TNI. MLM INI JAUHI PETAMBURAN. TNI BKN KALENG2 TONG. BRAVO NDAN, KEREN ???????????? @puspentni”


Benarkah video yang beredar tersebut memperlihatkan kerusuhan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Kerusuhan di Petamburan? Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video itu memperlihatkan kerusuhan dengan melibatkan kendaraan taktis TNI di Petamburan, Jakarta Pusat, adalah salah. Polisi membantah video kerusuhan tersebut terjadi di Petamburan. Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, AKP Haris Ahmad membantah video kerusuhan tersebut terjadi di kawasan DPP FPI di Petamburan, Jakarta Pusat. Dia memastikan kawasan Petamburan masih kondusif.
 
"Kondusif sekal. Suasana di mulut gang pun sama halnya dengan gang lain pada umumnya," ucap Haris saat dihubungi wartawan seperti dilansir Detik.com, Sabtu 21 November 2020.
 
Haris mengatakan pihaknya masih belum mengetahui dari mana asal video. Namun, dia memastikan bahwa video tersebut tidaklah benar.
 
"Entah dari mana sumber video tersebut sehingga tidak bisa dipastikan kebenarannya," katanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Kerusuhan di Petamburan? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video itu memperlihatkan kerusuhan dengan melibatkan kendaraan taktis TNI di Petamburan, Jakarta Pusat, adalah salah. Polisi membantah video kerusuhan tersebut terjadi di Petamburan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Kerusuhan di Petamburan? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://archive.md/wip/QJfrm
https://news.detik.com/berita/d-5264794/polisi-bantah-video-viral-fpi-serang-iring-iringan-tni-di-petamburan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini:https://bit.ly/2H42ayb
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif