Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Fadli Zon Dicopot dan Dipenjara karena Suka Kritik? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 12 Mei 2021 13:42
Politikus Partai Gerinda Fadli Zon dikabarkan dicopot dan dijebloskan ke penjara. Kabar itu berasal dari video yang diunggah Kanal YouTube Pengawal Istana yang berjudul "SOK KRITIK FADLI ZON DICOPOT HINGGA BEGINI ~ BERITA TERBARU HARI INI 7 MEI 2021 JOKOWI POLISI MUDIK".
 
Video berdurasi 10 menit 10 detik itu diunggah pada 7 Mei 2021. Hingga saat ini, video itu sudah ditonton 64 ribu kali. Pada thumbnail video itu, terdapat gambar Fadli Zon dengan kedua tangan diborgol mengenakan baju tahanan berwarna kuning bernomor 4 juga disertai narasi bertuliskan sebagai berikut:

"AKHIRNYA!!! DIJEBLOSKAN KEPENJARA.
KRITIK PEDAS FADLI ZON BERUJUNG PETAKA"


 
[Cek Fakta] Video Fadli Zon Dicopot dan Dipenjara karena Suka Kritik? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa Fadli Zon dicopot dan jebloskan ke penjara karena kritikannya adalah salah. Judul dan isi video tidak sinkron dan foto fadli zon sudah diedit. Melalui reverse image, foto Fadli Zon diborgol mengenakan baju tahanan berwarna kuning merupakan hasil rekayasa. Foto aslinya berasal dari kantor berita Associated Press (AP) yang memperlihatkan pelaku teroris di Yogyakarta pada 2012.
 
Foto itu ditemukan pada sebuah artikel yang diunggah Yahoo News melalui artikel berjudul "Decade after Bali, Indonesian terror aims at gov't". Pada caption foto dijelaskan bahwa foto tersebut karya fotografer AP bernama Slamet Riyadi diambil pada 28 September 2012.
 
Berikut narasi pada foto"
 
In this Friday, Sept. 28, 2012 photo, members of Indonesian police anti-terror unit Special Detachment 88 escort a terror suspect after his arrest in Yogyakarta, Central Java, Indonesia. Ten years after terrorist attacks at two Bali nightclubs killed more than 200 people, mostly foreign tourists, Indonesia has won international praise for its counterterrorism efforts. Militant organizations have been fractured and many of their charismatic leaders have been killed or jailed. But an Associated Press analysis shows the number of strikes within the country has actually gone up, especially since 2010, when radical imams called on their followers to focus on domestic targets rather than Westerners. The more recent attacks have been conducted with less expertise, and the vast majority of victims have been Indonesians. (AP Photo/Slamet Riyadi)
 
Terjemahan:
 
Pada foto Jumat 28 September 2012 ini, anggota Satuan Polisi Anti-teror Indonesia Detasemen Khusus 88 mengawal seorang tersangka teror setelah penangkapannya di Yogyakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sepuluh tahun setelah serangan teroris di dua klub malam Bali menewaskan lebih dari 200 orang, kebanyakan turis asing, Indonesia telah memenangkan pujian internasional atas upaya kontraterorismenya. Organisasi militan telah retak dan banyak dari pemimpin karismatik mereka terbunuh atau dipenjara. Tetapi analisis Associated Press menunjukkan jumlah pemogokan di negara itu sebenarnya telah meningkat, terutama sejak 2010, ketika para imam radikal meminta pengikut mereka untuk fokus pada target domestik daripada orang Barat. Serangan baru-baru ini dilakukan dengan keahlian yang kurang, dan sebagian besar korbannya adalah orang Indonesia. (Foto AP / Slamet Riyadi)
 

[Cek Fakta] Video Fadli Zon Dicopot dan Dipenjara karena Suka Kritik? Ini Faktanya
 

Pula, narasi yang dibacakan narator dalam video juga tidak ada hubungganya dengan judul video. Isi video berasal dari sejumlah artikel dari sejumlah media.
 
Misalnya, narator membacakan artikel berjudul "Fadli Zon Kritik Larangan Mudik Pemerintah, Netizen Beri Sindiran Pedas Ini" yang dimuat hitekno.com pada 6 Mei 2021. Dalam artikel itu tidak ditemukan pernyataan Fadli Zon dicopot dari jabatannya, baik di DPR maupun di Partai Gerindra.
 
Kemudian, artikel kedua berjudul "Sebut Pemerintah Bertindak Diskriminasi, Fadli Zon: Mudik Dilarang tapi WNA China Datang" dimuat mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com pada 7 Mei 2021. Juga tidak ditemukan pernyataan pencopotan Fadli Zon. Artikel ketiga berasal dari tasikmalaya.pikiran-rakyat.com berjudul "Formula E Jakarta Bermasalah, Ferdinand Hutahaean Desak KPK dan BPK Tangkap Anies Baswedan" dimuat pada 20 Maret 2021. Artikel itu membahas mengenai kritik Ferdinand Hutahaean kepada Anies Baswedan.
 
Artikel keempat yang dibacakan adalah artikel berjudul “Sindir Gagal Formula E Jakarta, Ferdinand Hutahaean: yang Untung Anies Baswedan di Tengah Kerugian APBD” yang tayang di mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com pada 11 Maret 2021. Artikel itu pun berisikan kritikan Ferdinand kepada Anies.
 
Terakhir, narator dalam video membacakan artikel berjudul “Soal Dana Formula E, Pengamat Politik: Anies Baswedan Bisa Dipenjara” dari situs terkini.id pada 29 Januari 2021. Artikel itu berisikan kritikan Eko Kuntadhi kepada Anies Baswedan.
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa Fadli Zon dicopot dan jebloskan ke penjara karena kritikannya adalah hoaks. Judul dan isi video tidak sinkron dan foto fadli zon sudah diedit.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Video Fadli Zon Dicopot dan Dipenjara karena Suka Kritik? Ini Faktanya
 
Referensi:
1. https://news.yahoo.com/decade-bali-indonesian-terror-aims-govt-093824075.html
2. https://www.hitekno.com/internet/2021/05/06/140626/fadli-zon-kritik-larangan-mudik-pemerintah-netizen-beri-sindiran-pedas-ini
3. https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-201880369/sebut-pemerintah-bertindak-diskriminasi-fadli-zon-mudik-dilarang-tapi-wna-china-datang
4. https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-061639880/formula-e-jakarta-bermasalah-ferdinand-hutahaean-desak-kpk-dan-bpk-tangkap-anies-baswedan
5. https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-201573164/sindir-gagal-formula-e-jakarta-ferdinand-hutahaean-yang-untung-anies-baswedan-di-tengah-kerugian-apbd
6. https://terkini.id/read/td-235389/soal-dana-formula-e-pengamat-politik-anies-baswedan-bisa-dipenjara/
7. https://archive.md/1MUzD
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif