Tangkapan layar informasi di media sosial
Tangkapan layar informasi di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Sebentar Lagi Facebook jadi Milik FPI? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 19 Mei 2020 13:03
Beredar isu bahwa Front Pembela Islam (FPI) akan membeli Facebook dari Mark Zuckerberg. Hal itu setelah petinggi Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) mendapat pinjaman dana dari Raja Arab.
 
Adalah akun facebook Brama Kumbara yang turut membagikan tangkapan layar berisi isu tersebut pada Sabtu 16 Mei 2020.
 
Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Dengan pinjaman Dana dr raja Arab, dikabarkan HRS Akan beli Facebook Dari mark Zuckerberg. Maka sebentar lagi Facebook jadi milik FPI." Akun ini membayangkan nama Facebook jika benar dimiliki FPI.
 
"Kira2 kalau udah dibeli namanya mau diganti apa yah FACEBOOK?,"tulis akun facebook Brama Kumbara.
 

[Cek Fakta] Sebentar Lagi Facebook jadi Milik FPI? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, isu bahwa Front Pembela Islam (FPI) akan membeli Facebook dari Mark Zuckerberg, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid yang berkaitan dengan isu tersebut.
 
Di sisi lain, Badan pengelola dana investasi negara atau sovereign wealth fund (SWF) milik pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengaku, pihaknya sudah membeli saham sejumlah perusahaan besar bursa Amerika Serikat (AS). Salah satunya, Facebook.
 
Dilansir CNBCIndonesia.com, pihak Kerajaan Arab Saudi menggelontorkan dana senilai US$ 522 juta untuk membeli saham Facebook. Hal itu berdasarkan dokumen dari regulator pasar modal AS, Securities and Exchange Commission (SEC), yang dikutip CNBC International.
 

[Cek Fakta] Sebentar Lagi Facebook jadi Milik FPI? Ini Faktanya

 

Tak hanya Facebook, pihak Saudi juga membeli saham sejumlah perusahaan besar bursa AS lainnya. Pihak Saudi menggelontorkan dana US$ 713,7 juta atau Rp 11 triliun (asumsi kurs Rp 14.900/US$) untuk membeli saham Boeing, dan sekitar US$ 522 juta atau Rp 8 triliun di Citigroup.
 
Kemudian, dana senilai US$ 495,8 juta atau Rp 7,4 triliun di Disney dan US$ 487,6 juta atau Rp 7,3 triliun di Bank of America.
 
"Total pembelian dari lima saham blue chip di bursa Wall Street ini mencapai US$ 2,74 miliar atau Rp 41 triliun," tulis CNBCIndonesia.com dalam laporannya pada Minggu 17 Mei 2020.
 

[Cek Fakta] Sebentar Lagi Facebook jadi Milik FPI? Ini Faktanya
 
Sementara itu, berita terkini soal Habib Rizieq Shihab (HRS) atau FPI tidak ada yang berkaitan dengan Facebook. Namun pemberitaan HRS terkini adalah berkaitan dengan imbauannya mengenai pelaksanaan salat Idulfitri 1441 hijriah. HRS mengingatkan pelaksanaan salat Idulfitri dapat disesuaikan dengan zona penyebaran covid-19 di wilayah masing-masing.
 
"Pada saat darurat, bisa saja di rumah bersama keluarga. Asal rukun-rukun salatnya tetap dilakukan," kata HRS seperti dilansir Fajar.co.id, Selasa 19 Mei 2020.
 

Kesimpulan:
Isu bahwa Front Pembela Islam (FPI) akan membeli Facebook dari Mark Zuckerberg, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid yang berkaitan dengan isu tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

Referensi:
1.https://www.cnbcindonesia.com/market/20200517064943-17-159013/tajir-arab-borong-saham-boeing-facebook-citi-rp-41-t
2.https://fajar.co.id/2020/05/19/imbauan-penting-habib-rizieq-shihab-untuk-muslim-indonesia/
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif