Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo (Kanan) di Ruang Serbaguna Kemkominfo, Jakarta. Foto: Kominfo.go.id
Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo (Kanan) di Ruang Serbaguna Kemkominfo, Jakarta. Foto: Kominfo.go.id

Kominfo: Medcom.id Menjadi Tempat Validasi Berita Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 09 Desember 2019 18:35
Jakarta: Di era digital, peredaran informasi menjadi semakin sukar terbendung. Pada era banjir informasi ini, masyarakat sulit membedakan informasi yang benar dan salah. Sebab itu, butuh inovasi untuk menangkal berita palsu alias hoaks yang kerap berseliweran di jagat maya.
 
Karena itu, Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo Widodo Muktiyo memberi apresiasi kepada Medcom.id karena telah mengambil bagian dari upaya memerangi berita bohong dengan dibentuknya kanal Cek Fakta. Kanal yang khusus memeriksa setiap informasi yang terindikasi hoaks.
 
"Di sini lah Medcom.id menjadi pihak-pihak yang sangat bermanfaat tidak sekadar untuk bisnis tapi sebenarnya membangun peradaban Indonesia yang lebih sehat lebih clear terhadap isu-isu yang sering merusak cara berfikir atau menset-masyarakat," kata Widodo pada malam perayaan HUT ke-2 Medcom.id di Jakarta, Jumat 6 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Menurut Widodo, Cek Fakta Medcom.id merupakan bentuk inovasi dalam menangkal penyebaran berita bohong. Di usia yang masih muda, Medcom.id hadir sebagai portal berita yang menjadi rujukan masyarakat dalam mengetahui kebenaran suatu informasi. "Sekarang ini kan berita yang hoax, berita yang valid, yang benar, itu kan susah di deteksi oleh publik, dan medcom saya kira adalah salah-satu media yang mencoba menjadi solusi publik terhadap berita-berita yang bohong yang hoaks. Nah ini saya kira menjadi seperti obat masyarakat," jelas Widodo.
 
Widodo mengaku kagum dengan hasil periksa fakta yang dilakukan tim Cek Fakta Medcom.id. Dia mengatakan, tak hanya menyajikan hasil pemeriksaan berita hoaks, tim pemeriksa fakta Medcom.id juga memberikan edukasi terkait dunia pemeriksaan fakta.
 
"Sampai ada kesimpulan yang saya lihat ya , jadi ada kesimpulan terhadap suatu berita dan itu masyarakat akan tergerakkan mana yang benar mana yang enggak benar," pungkas Widodo.
 

 

(WAN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif