NEWSTICKER
Tangkapan layar pemberitaan palsu dan klarifikasi di media sosial (Twitter)
Tangkapan layar pemberitaan palsu dan klarifikasi di media sosial (Twitter)

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Presiden Jokowi Positif Terinfeksi Virus Korona, Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 16 Maret 2020 13:42
Beredar narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) positif terinfeksi virus korona atau covid-19. Jokowi dinyatakan positif korona setelah menjalani tes kesehatan baru-baru ini.
 
Narasi tersebut beredar dalam sebuah tangkapan layar pemberitaan yang diklaim berasal dari Detik.com. Tampak sebuah artikel dengan judul "Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona".
 
Artikel ini dimuat pada pukul 15.05 WIB, Minggu 15 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, Presiden Jokowi positif terinfeksi virus korona sebagaimana yang diklaim berasal dari laman Detik.com, adalah salah. Faktanya judul artikel tersebut merupakan suntingan. Akun twitter @detikcom membantah pihaknya menulis artikel tersebut. Akun ini juga membuktikan judul asli pada artikel tersebut.
 
"Detikers! Telah beredar artikel hoax terkait presiden Jokowi seperti di bawah ini. Hati-hati dalam menyebarkan berita, ya. Berikut link berita yang asli: https://detik.id/6O2uBN #Jokowi #VirusCorona," kata akun @Detikcom.
 

[Cek Fakta] Presiden Jokowi Positif Terinfeksi Virus Korona, Hoaks
 

Berikut judul artikel yang asli serta isinya:

 
Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini
 
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajaran menterinya mengecek kesehatan terkait virus Corona (COVID-19). Jokowi pun akan menjalani tes yang sama sore ini.
 
"Sore ini," jawab Jokowi singkat melalui video yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).
 
Sedari pagi tadi, jajaran menteri kabinet disebut Jokowi sudah dicek. Namun, untuk hasilnya, Jokowi meminta hal itu ditanyakan langsung ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.
 
"Pagi ini telah dilakukan pengetesan untuk para menteri, hasilnya silakan tanya ke Menteri Kesehatan," kata Jokowi.
 
Sejauh ini, Jokowi menyebut menteri yang sudah dinyatakan positif COVID-19 adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Jokowi mengatakan Budi saat ini masih menjalani isolasi di RSPAD Gatot Soebroto.
 
"Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) masih di rumah sakit, di ruang isolasi," ucap Jokowi.

 

[Cek Fakta] Presiden Jokowi Positif Terinfeksi Virus Korona, Hoaks
 

Kesimpulan:
Presiden Jokowi positif terinfeksi virus korona sebagaimana yang diklaim berasal dari laman Detik.com, adalah salah. Faktanya judul artikel tersebut merupakan suntingan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenismanipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
1. https://twitter.com/detikcom/status/1239406401790894081?s=20
2. https://detik.id/6O2uBN
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif