Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Viral Pria Tiongkok Memarahi Polisi? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 24 November 2020 15:10
Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pria dalam keadaan marah. Diklaim, pria berkaos putih itu adalah warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang memarahi anggota polisi.
 
Pria dalam video itu berbahasa Indonesia dengan tidak fasih. Pula, pada video berdurasi 26 Detik itu, terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:

"CINA BANGSA* !!!
MARAH2 KE POLISI N BILANG SDH JUTAAN MRK MSK INDONESIA"


Benarkah pria dalam video tersebut adalah WNA Tiongkok yang sedang mengamuk dan memarahi polisi? Berikut cek faktanya:
 

[Cek Fakta] Viral Pria Tiongkok Memarahi Polisi? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, video yang diklaim memperlihatkan pria Tiongkok sedang memarahi polisi adalah hoaks. Faktanya, pria Tiongkok tersebut memarahi dua Satpam Perumahan Graha Family di Surabaya karena menolak dibawa ke kantor polisi. Pria dalam video terlibat keributan dengan dua orang yang ingin mengambil kendaraanya. Video tersebut dimuat kanal ANTV News Plus lewat video berjudul "Viral WN China Ngamuk, Ini Penjelasan Polisi!" diunggah pada 6 Juni 2019. Pada video itu dijelaskan, pria Tiongkok itu menolak diajak ke kantor polisi oleh dua orang Satpam (Satuan Pengamanan).
 
"Viral video warga negara China ngamuk menolak diajak ke kantor polisi. Dua orang satpam yang menyarankan warga china tersebut ke polisi karena mengira terjadi kecelakaan yang menimbulkan keributan. Ternyata, mobil akan diambil paksa istrinya oleh dua orang suruhan di tengah jalan. Istrinya ingin harta gono-gini karena dalam proses cerai" bunyi keterangan kotak deskripsi.
 

Baca Juga:[Cek Fakta] Foto Pangdam Jaya Dudung Dapat Penghargaan dari Komunis Tiongkok? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Viral Pria Tiongkok Memarahi Polisi? Begini Faktanya
 

Pula, dilansir Kabarjawatimur.com, Satlantas Polrestabes Surabaya telah mengklarifikasi video tersebut. Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia mengungkapkan, jika rekaman dalam video yang viral dan beredar di media sosial tersebut bukanlah kejadian kecelakaan Lalu lintas (Laka Lantas).
 
Pandia bilang, sebelumnya seorang Pria keturunan Tiongkok bernama Khan Ha mengaku terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Akan tetapi dirinya saat kejadian yang mengaku korban, tidak mau diperiksa oleh petugas.
 
“Kejadian itu adalah masalah dengan istrinya, terkait harta gono gini dimana istrinya mau mengambil kendaraan yang saat itu dipakai oleh Khan Ha,” sebut Pandia, Rabu 29 Mei 2019.
 
Pada saat akan mengambil mobil itulah, terjadi cek-cok dengan orang yang hendak mengambil kendaraan. Pada saat itu, lanjut Pandia, tidak ada anggota yang bertugas di lokasi.
 
"Pada saat kejadian itu memang ada seperti menset ada polisi lalu lintas, ternyata itu adalah Security Perumahan Graha Family yang hendak memisah kejadian,” tambah Pandia.
 

[Cek Fakta] Viral Pria Tiongkok Memarahi Polisi? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Dari hasil penenlusuran tim Cek Fakta Medcom.id, video yang diklaim memperlihatkan pria Tiongkok sedang memarahi polisi adalah hoaks. Faktanya, pria Tiongkok tersebut memarahi dua Satpam Perumahan Graha Family di Surabaya karenamenolak dibawa ke kantor polisi. Pria dalam video terlibat keributan dengan dua orang yang ingin mengambil kendaraanya.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Viral Pria Tiongkok Memarahi Polisi? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=oaPSdCkIJkA&feature=youtu.be
https://www.kabarjawatimur.com/viral-video-wna-china-mengaku-korban-laka-ini-penjelasan-polisi/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini:https://bit.ly/2H42ayb

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif