Pertolongan pertama HP terkena air (foto: Recover Android)
Pertolongan pertama HP terkena air (foto: Recover Android)

Selain Diperam di Beras, Berikut Pertolongan Pertama saat HP Terkena Air

Muhammad Syahrul Ramadhan • 14 Maret 2022 19:14
Jakarta: Salah satu pertolongan pertama ketika smartphone terkena atau terjatuh ke dalam air adalah merendamnya di beras selama beberapa hari. Cara tersebut memang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ponsel dari kerusakan.
 
Baru-baru ini komika Bintang Emon merendam smartphone miliknya di dalam beras setelah tercebur ke dalam kolam ikan. Momen tersebut dibagikan pemilik nama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra itu di akun Twitternya @bintangemon.
 
Kwokwokwok di kolam ini, momen HP kecemplung udah 2x dahh, pen bat akrab ama koi ni hape. Kudu nyari hape yg bisa gaya punggung nih,” tulis Bintang Emon saat me-retweet unggahan video @ranggadejan, seperti dikutip Medcom.id, Senin, 14 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dalam video tersebut terlihat komika asal Jakarta itu mengambil smartphonenya dari kolam ikan dan langsung merendamnya dengan beras. Fungsi beras adalah menyerap air yang ada di dalam HP.
 
Bintang Emon rendam HP dengan beras Twitter
(Bintang Emon rendam HP dengan beras Twitter)
 
Selain dengan beras seperti yang dilakukan Bintang Emon, ada beberapa cara pertolongan pertama ketika HP terkena air. Berikut ini beberapa cara yang sobat Medcom bisa lakukan.

1. Jauhkan atau angkat HP dari air

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengetahui gadget terkena air adalah segera menjauhkannya dari sumber air tersebut. Hal itu seperti dilakuan Bintang Emon yang gercep mengambil handphonenya dari kolam.

2. Jangan nyalakan HP

Ketika HP terkena atau masuk ke air dan mati jangan terburu-buru menghidupkannya kembali. Sebab, saat terkena atau terendam air, kemungkinan besar air sudah ada yang masuk ke dalam beberapa bagian ponsel. Sehingga besar kemungkinannya jika dinyalakan kan rentan terjadi korsleting yang merusak ponsel lebih jauh.
 
Jika ponsel masih nyala segera matikan. Karena, bisa mengalami risiko yang sama.

3. Keringkan bagian luar dan dalam

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar dan dalam. Tapi, sebelumnya cabut baterai jika ponsel sobat Medcom bukan kategori baterai tanam. Kemudian lepas memory card dan kartu SIM.
 
Caranya cukup mudah, gunakan lap kering dan singkirkan air yang berada di bagian luar bodi. Untuk bagian dalamnya, kamu dapat membongkar gadget dan memulai mengeringkan sisa air yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak bisa membongkarnya, dua metode selanjutnya adalah metode alternatif lain untuk mengeringkan bagian dalam tanpa harus membongkar bagian dalamnya.

4. Gunakan serbuk silika atau pasir kucing

Selain beras, kamus bisa menggunakan gel silika untuk menyerap air yang ada di dalam bodi smartphone. Serbuk silika dapat ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga atau sepatu, dan biasanya dibungkus dengan tulisan "jangan dimakan".
 
Apabila sobat Medcom memelihara kucing, bisa menggunakan pasir kucing bersih sebagai alternatif. Caranya bungkus HP dengan selembar tisu lalu rendam ke dalam pasir kucing selama beberapa hari.

5. Gunakan alkohol

Alkohol adalah cairan yang memiliki sifat berbeda dengan air. Alkohol mudah sekali menguap, dan tidak dapat menghantarkan listrik (khusus alkohol yang menggunakan air suling).
 
Menggunakan alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95 persen adalah metode yang cukup ampuh untuk menghilangkan air dari dalam bodi gadget Anda. Siram gadget Anda dengan alkohol secara perlahan dan tunggu hingga alkohol tersebut menguap.
 
Itu tadi pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika HP terkena air untuk mencegah kerusakan fatal. Setelah HP sudah kering sobat Medcom bisa membawanya ke tempat servis jika terdapat masalah.
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif