Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

WhatsApp Juga Bisa Error, Ini Caranya Biar Kembali Normal

Cahyandaru Kuncorojati • 05 Oktober 2022 10:08
Jakarta: Aplikasi WhatsApp adalah salah satu yang paling banyak digunakan di smartphone. Aplikasi percakapan ini sangat populer karena sederhana sehingga mudah digunakan tapi banyak fitur penting.
 
WhatsApp hampir jarang bermasalah kecuali saat layanan down atau tumbang dari server global. Faktanya, WhatsApp juga bisa error alias bermasalah. Apa saja masalahnya yang muncul ketika WhatsApp error dan bagaimana cara mengatasinya?
 
WhatsApp Tidak Bisa Dibuka atau Force Closed
Sebagian dari kita pasti pernah menemukan aplikasi ini tidak bisa dibuka atau force closed alias langsung keluar atau tertutup saat baru dibuka. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebabnya ada banyak, mulai dari adanya aplikasi Task Killer yang menganggap aplikasi ini berat padahal tidak atau ada masalah saat proses update. Solusi yang bisa dicoba adalah dengan cara menghapus cache dengan cara masuk ke Setting > Aplikasi > cari WhatsApp > pilih Clear Cache.
 
WhatsApp Error Saat Pakai Fitur Baru
Siapapun ingin aplikasi WhatsApp mereka selalu mendapatkan versi terbaru alias update, alasannya karena mereka ingin mencoba fitur baru yang juga digunakan oleh pengguna lain. 
 
Sayangnya, sebagian dari kita mungkin mengalami problem ketika baru ingin memakai fitur baru tersebut, misalnya mendadak WhatsApp hang atau freeze bahkan force closed. Saat WhatsApp error seperti ini solusi yang bisa dicoba sama dengan sebelumnya.
 
Anda bisa mencoba melakukan clear cache untuk menghilangkan problem pada fitur tersebut. Namun apabila tidak berhasil maka salah satu cara adalah dengan uninstall atau hapus WhatsApp dan pasang atau download ulang dari awal.
 
Solusi kedua yang barusan menurut kami sangat efektif. Kemungkinan ada masalah ketika proses update sehingga fitur baru tadi tidak bisa digunakan dengan optimal atau berpengaruh ke aplikasi WhatsApp.
 
WhatsApp Hang Saat Dibuka
Permasalahan ini hampir mirip dengan poin pertama, perbedaannya adalah aplikasi WhatsApp sama sekali tidak terbuka di layar dan perangkat smartphone jadi hang atau freeze. Hal ini dipicu oleh WhatsApp error atau bermasalah di perangkat.
 
Solusi paling mudah yang bisa dicoba adalah dengan menyalakan ulang smartphone atau restart. Cara ini paling ampuh untuk mengatasi aplikasi yang hang atau freeze, tidak hanya WhatsApp.
 
Apabila masalah yang sama terus terjadi maka solusi terakhir adalah hapus atau uninstall dan download kembali WhatsApp. Jangan lupa untuk melakukan backup data atau chat yang rajin sehingga bisa terselematkan dari kondisi seperti ini.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif