Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips dan Trik

Mau Dijual, Begini Cara Reset Factory Laptop Windows 10

Cahyandaru Kuncorojati • 05 Juli 2022 14:37
Jakarta: Reset Factory atau reset ulang tidak hanya dilakukan pada smartphone, tapi juga laptop. Cara ini dipilih setelah semua data penting di-backup atau dipindahkan, sebelum perangkat smartphone atau laptop ingin dijual maupun berpindah kepemilikan.
 
Reset Factory dipilih karena lebih mudah, kita tidak perlu menghapus data atau aplikasi satu per satu. Selain itu cara ini juga membuat perangkat kembali ke kondisi sistem saat baru pertama kali dibeli atau digunakan.
 
Jadi pengguna lama tidak perlu repot dan takut data mereka tertinggal, dan bagi pengguna baru perangkat bisa terasa lebih ringan kinerjanya dan siap digunakan. Bagaimana cara reset factory di laptop Windows 10?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Klik ikon Start di tampilan sudut kiri bawah layar layar laptop, pilih menu Settings
2. Di halaman Settings atau Control Panel, cari dan pilih menu Update & Security
3. Di kotak halaman yang muncul pilih tab Recovery yang ada di deretan sisi kiri
4. Selanjutnya lihat bagian Reset this PC dan klik tombol Get Started
5. Di sini akan disediakan pilihan untuk reset dengan menghapus semua aplikasi dan data atau tetap menyimpan aplikasi dan pengaturan lama
6. Pilih salah satu yang diberikan dan cukup ikuti langkah selanjutnya maka proses Reset akan dimulai
 
Di sini Windows 10 akan memberikan peringatan bahwa melakukan Reset Factory juga akan ikut menghapus semua update sistem operasi yang sudah diterima termasuk instal Windows. Jadi pastikan Anda memiliki koneksi internet untuk download update dan serial number yang berlaku untuk instal Windows 10.
 
Hal yang perlu dicatat bahwa pengalaman performa cepat yang muncul setelah dilakukan Reset Factory tidak akan sepenuhnya terasa seperti laptop baru. Kondisi ini juga bergantung dari usia komponen di dalamnya dan daya tahannya, terutama di bagian storage seiring penggunaan.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif