Instagram Ads menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan bisnis, terutama bagi pemula yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan.
| Baca juga: Cara Menyembunyikan Like di InstagramCara Menyembunyikan Like di Instagram |
Memasang Iklan di Instagram memungkinkan kamu menargetkan pengguna berdasarkan minat, demografi, dan perilaku, sehingga iklan kamu dilihat oleh orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan kamu.
Ini sangat penting bagi bisnis pemula yang ingin membangun kesadaran merek dan menarik pelanggan baru. Iklan Instagram bukan hanya tentang penjualan langsung. Iklan juga dapat digunakan untuk membangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.
Dengan konten visual yang menarik dan pesan yang relevan, bisnis pemula dapat menciptakan kesan positif dan membangun hubungan dengan audiens mereka. Fitur-fitur seperti Instagram Stories Ads dan Reels Ads memungkinkan kamu menampilkan produk atau layanan Kamu dengan cara yang kreatif dan interaktif.
Pada akhirnya, tujuan utama dari setiap bisnis untuk meningkatkan penjualan dan konversi. Iklan Instagram dapat membantu mencapai tujuan ini dengan mengarahkan lalu lintas ke situs web atau toko online Kamu.
Dengan tombol ajakan bertindak (call-to-action) yang jelas dan penargetan yang tepat, kamu dapat mendorong pengguna untuk melakukan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan
Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memasang iklan di Instagram.
1. Buat Akun Bisnis Instagram
Agar bisa memasang iklan, pastikan akun Instagram sudah diubah menjadi akun bisnis.Caranya:
- Buka Pengaturan di Instagram
- Pilih Akun lalu Beralih ke Akun Profesional
- Pilih Bisnis, lalu isi detail bisnis.
Jika sudah, hubungkan akun Instagram dengan Facebook Business Suite untuk mengelola iklan dengan lebih mudah.
2. Pilih Postingan yang Akan Dipromosikan
Kamu bisa memasang iklan dengan mempromosikan postingan yang sudah ada atau membuat iklan baru dari Facebook Ads Manager.Jika ingin mempromosikan postingan yang sudah ada kamu bisa buka postingan yang ingin dipromosikan lalu klik tombol Promosikan (Boost Post) Kemudian pilih tujuan iklan (lebih banyak kunjungan profil, lebih banyak pesan, atau lebih banyak kunjungan website).
3. Tentukan Target Audiens
Menentukan audiens yang tepat akan meningkatkan efektivitas iklan. Instagram menyediakan dua pilihan yakni secara otomatis yang membuat Instagram akan menentukan audiens yang mirip dengan pengikut atau membuat sendiri sehingga kamu bisa menentukan sendiri audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan minat4. Tentukan Anggaran dan Durasi Iklan
Pilih budget harian yang sesuai dengan anggaran kamu bisa tentukan durasi iklan (misalnya 3 hari, 7 hari, atau lebih). Instagram akan memperkirakan jumlah orang yang bisa dijangkau berdasarkan anggaran yang dipilih.5. Pilih Metode Pembayaran
Instagram mendukung berbagai metode pembayaran seperti Kartu kredit atau debitPayPal, atau Dompet digital tertentu. Masukkan detail pembayaran lalu konfirmasi transaksi.
6. Luncurkan Iklan dan Pantau Performa
Setelah iklan disetujui, kamu bisa melihat performanya di menu Insights. Beberapa metrik penting yang perlu dipantau seperti jangkauan yakni berapa banyak orang yang melihat iklan kamu atau interaksi dengan melihat jumlah like, komentar, atau klik pada iklan.Kemudian konversi yang melihat berapa banyak orang yang melakukan tindakan seperti mengunjungi website atau mengirim pesan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id