Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Ini 3 Penyebab Laptop Terasa Lambat

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Mei 2021 11:22
Jakarta: Kebutuhan laptop selama pandemi cukup meningkat karena perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk belajar dan bekerja selama di rumah. Apabila pandemi usai maka laptop juga bisa digunakan di untuk belajar di sekolah atau kampus maupun bekerja di kantor atau di kafe.
 
Sebagian dari Anda mungkin ingin membeli laptop yang baru tapi masih mempertimbangankan dana yang dimiliki mengingat harga sejumlah kebutuhan pokok jelang Hari Raya Lebaran juga mengalami kenaikan. Akhirnya Anda memilih untuk bertahan menggunakan laptop yang ada.
 
Permasalahannya, hampir semua pengguna laptop memiliki problem yang sama. Laptop yang mereka gunakan semakin lama terasa semakin lambat setelah penggunaan kira-kira lebih dari satu tahun. Apa penyebab laptop jadi lambat?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Laptop jarang dimatikan alias hanya mode sleep
Tidak semua laptop memiliki kemampuan booting atau proses menyala yang cepat makanya sejumlah pengguna memilih untuk hanya menutup laptop saat sudah tidak digunakan alias masuk ke mode sleep, tidak melakukan shut down.
 
Meskipun cara ini terasa lebih praktis saat ingin menggunakannya kembali tapi kebiasaan tersebut membuat laptop menjadi lambat. Penyebabnya adalah dalam mode sleep sebenarnya laptop tetap menyala dan menggunakan daya maupun hardware di dalamnya.Kondisi ini membuat laptop terus bekerja meskipun tidak digunakan.
 
2. Terlalu banyak aplikasi yang dibuka
Tidak jarang dalam mode sleep masih ada aplikasi yang dibuka. Saat laptop menyala dengan banyak aplikasi dibuka juga bisa berakibat laptop menjadi lambat, termasuk membuka terlalu banyak tab di browser.
 
Kondisi ini menyedot cukup banyak daya dari komponen RAM yang digunakan selama laptop menyala. Apabila laptop memiliki spesifikasi dengan kapasitas RAM kecil maka sangat mungkin menjadi penyebab laptop lambat.
 
3. Usia storage atau penyimpanan data sudah lama
Di laptop yang menggunakan storage atau memori penyimpanan jenis hard disk drive atau HDD biasa akan lebih mudah mengalami performa yang semakin lambat.
 
Hal ini disebabkan jenis HDD memiliki komponen berupa pelat piringan yang berputar saat bekerja dan seiring usia perputarannya semakin lambat. Kondisi ini yang menyebabkan laptop lambat termasuk saat proses booting atau menyala.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif