Berikut lima fitur keamanan yang dapat dimanfaatkan untuk kian menjaga keamanan akun Telegram.
Berikut lima fitur keamanan yang dapat dimanfaatkan untuk kian menjaga keamanan akun Telegram.

Tips & Trik

Ini 5 Fitur Keamanan Telegram yang Bisa Anda Manfaatkan

Teknologi teknologi telegram
Lufthi Anggraeni • 22 Juli 2021 16:14
Jakarta: Telegram menjadi salah satu layanan pesan instan yang kerap menjadi pilihan bagi pengguna yang kurang menyukai WhatsApp atau layanan pesan instan lainnya. Serupa aplikasi lain, Telegram juga menawarkan fitur untuk mendukung pemakaian pengguna.
 
Aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2013 serta tersedia di platform Android, iOS, dan desktop ini menawarkan berbagai dukungan termasuk percakapan grup yang dapat menampung hingga 200 ribu partisipan.
 
Namun, Telegram juga dikenal masyarakat dengan klaim keamanan terbaik di antara layanan pesan instan lain. Berikut sejumlah fitur keamanan yang dapat Anda manfaatkan pada aplikasi Telegram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Two-Step Verification
Fitur ini akan sangat berguna dalam melindungi akun dari pencuri identitas yang berusaha untuk meretas akun Telegram. Saat fitur ini diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukan password saat masuk ke akun Telegram di perangkat baru maupun perangkat lama.
 
Password tersebut merupakan pelengkap fitur One-Time Password (OTP) saat Anda masuk ke akun di perangkat baru.
 
2. Menghapus pesan
Telegram juga menawarkan fitur yang memungkinkan Anda untuk membatalkan atau menghapus pesan yang sudah terkirim. Fitur ini membantu untuk menghindari pesan terkirim ke penerima yang salah dan dapat diatur secara manual.
 
3. Kirim Pesan Rahasia dengan Secret Chat
Fitur ini menawarkan keamanan lebih baik bagi Anda saat melakukan percakapan di Telegram, sebab memungkinkan untuk mengaktifkan end-to-end encryption. Dengan demikian, tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat percakapan antara Anda dan penerima yang seharusnya.
 
Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik kontak penerima pesan, dan kemudian, pilih Start Secret Chat pada ikon More.
 
4. Mendukung Server Proxy
Telegram juga sudah mendukung server proxy, memungkinkan Anda untuk menyembunyikan alamat IP dengan cara menghubungkan akun ke server proxy khusus. Secara garis besar, cara kerja fitur ini serupa koneksi VPN yang umum digunakan untuk melindungi identitas di internet.
 
Fitur ini dapat Anda aktifkan dengan cara mengakses Settings, kemudian pilih Data and Storage, dan Proxy Settings.
 
5. Lock Chat
Fitur ini memungkinkan Anda untuk memastikan akses Telegram di perangkat lebih aman, sebab aplikasi dapat terkunci secara otomatis saat tidak digunakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir orang lain dapat melihat isi pesan yang dikirim via aplikasi Telegram.
 
Untuk mengaktifkannya, Anda dapat mengakses Settings, lalu Privacy and Security, kemudian Passcode and Touch ID. Setelahnya, Anda hanya perlu memasukan nomor PIN atau menyentuh sensor pemindai sidik jari guna mengaktifkan Touch ID, serta memilih waktu dam durasi fitur aktif.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif