Cara Hindari Macet Saat Ramadan
Google Maps bisa bantu Anda hindari macet.
Jakarta: Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, bulan Ramadan memiliki dampak besar pada kehidupan masyarakat Indonesia.

Pada akhir bulan Ramadan, warga Indonesia biasanya berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya, yang sering diidentikkan dengan jalanan yang macet. 

Namun, sebenarnya kemacetan di jalan adalah makanan sehari-hari warga Indonesia, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Hanya saja, saat Ramadan, waktu kemacetan menjadi sedikit berubah karena banyak orang yang menyesuaikan jadwalnya dengan waktu Maghrib. 


Anda sebenarnya bisa menghindari macet dengan bantuan Google Maps. Pada Maps, Anda bisa menampilkan tingkat kemacetan pada jalan. Dengan begitu, Anda bisa menghindari kawasan yang memang sudah padat. Ini cara untuk menunjukkan tingkat kepadatan trafik pada Google Maps. 

1. Buka aplikasi Google
2. Ketuk ikon tribar pada kiri atas
3. Scroll down dan pilih opsi "Traffic"



Jalanan pada peta akan memiliki tiga warna, yaitu hijau, oranye dan merah. Jalanan yang dilambangkan dengan warna hijau berarti jalanan lenggang. Sementara warna oranye berarti jalanan cukup padat dan warna merah melambangkan jalanan yang macet. 

Selamat mencoba!



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.