Ilustrasi: Kaspersky
Ilustrasi: Kaspersky

Tips & Trik

Waspada Scam dari Promosi Album Kanye West Donda

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi cyber security kaspersky
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Agustus 2021 11:37
Jakarta: Selama beberapa bulan terakhir, dunia telah mengikuti perkembangan album terbaru Kanye West – Donda. Bahkan, Kanye West turut menyewa seluruh stadion dan mengisolasi diri untuk menyelesaikan album.
 
Ia kemudian memberikan pertunjukan nyata dengan berbagai efek khusus dan levitasi di bawah atap stadion. Album yang dinantikan banyak penggemar musik ini dijadwalkan untuk rilis di tanggal 26 Agustus.
 
Dengan semua hype yang terjadi seputar album Kanye West terbaru ini, Kaspersky mengklaim menyelidiki apakah para pelaku kejahatan siber memanfaatkan euforia penggemar untuk menyebarkan file berbahaya seperti phishing, dll., dengan kedok “Donda”.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun para ahli tidak melihat minat yang signifikan dari para scammer, selama periode Juli hingga Agustus 2021, namun  mereka berhasil menemukan beberapa contoh program berbahaya dan tautan scam yang menyamar sebagai album musisi terkenal tersebut.
 
Secara khusus, para ahli menemukan dua file adware yang menyamar sebagai file media dengan trek baru:
1. Download-File-KanyeWestDONDA320.zip_88481.msi
2. Kanye West _ DONDA (Explicit) (2021) Mp3 320kbps [PMEDIA] __ - Downloader.exe
 
Pada opsi pertama, pengguna menerima tautan untuk mengunduh "album", dan diminta untuk berpartisipasi dalam survei dan mengonfirmasi bahwa mereka bukan robot. Survei tersebut mencakup serangkaian pertanyaan, seperti: "berapa penghasilan Anda" dan "apakah Anda ingin menjadi kaya?"
 
Setelah survei selesai, pengguna diarahkan ke situs web scam untuk menghasilkan uang dari bitcoin. Tentu saja, tautan ke album yang diharapkan tidak pernah muncul, dan jika pengguna tergiur dengan tawaran menjadi jutawan bitcoin dan memasukkan data pribadi, mereka mungkin dapat kehilangan uang dan tidak mendapatkan akses ke album.
 
Untuk menghindari serangan siber dari tautan berbahaya yang menyamar sebagai album musisi terkenal, Kaspersky telah menyiapkan beberapa tips sederhana:
 
1. Hanya mengakses konten dari platform resmi, seperti Apple App Store, Google Play, Spotify, Apple Music, dll. Karena aplikasi resmi ini sudah melalui proses sistem filtrasi yang jauh lebih aman dibandingkan Anda mengunduh file dari tautan tidak dikenal.
 
2. Selalu memeriksa tautan sebelum mengklik. Arahkan kursor ke alamat situs dan lakukan pratinjau URL, waspadai adanya kesalahan ejaan atau ketidakteraturan lainnya.
 
3. Terkadang email dan situs web tampak seperti yang asli dan sah. Itu tergantung pada seberapa pintar para pelaku kejahatan siber membuatnya. Tetapi hyperlink yang diiringi dengan kesalahan ejaan, kemungkinan itu adalah tautan yang dapat mengarahkan Anda ke sittus berbahaya.
 
4. Cobalah untuk tidak membuka file mencurigakan yang dikirim oleh teman atau kerabat Anda melalui e-mail atau aplikasi perpesanan, setidaknya selalu lakukan pemeriksaan dengan cermat terlebih dahulu. Selalu waspada akan kemungkinan tautan yang berisi ransomware atau bahkan spyware.
 
5. Instal solusi keamanan tepercaya dan ikuti rekomendasinya. Solusi aman ini akan menyelesaikan sebagian besar masalah secara otomatis dan memberikan Anda notifikasi saat terjadi upaya serangan berbahaya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif