NEWSTICKER
Ilustrasi. (Getty Images)
Ilustrasi. (Getty Images)

Tips & Trik

Memilih Game yang Tepat Untuk Anak, Begini Caranya

Teknologi teknologi games tips dan trik teknologi cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Maret 2020 14:29
Jakarta: Bermain game dilihat sebagai sebuah kegiatan hiburan yang biasa di masa kini termasuk bagi kalangan anak-anak, via komputer dan seluler. Namun tidak semua game dinilai sama. Setiap game memiliki target pemain yang berbeda-beda termasuk dari segi usia pemainnya atau gamer.
 
Hal ini dibuktikan lewat lembaga industri game yang memberikan kode berbeda untuk setiap game yang ada di pasar. Pembeda ini berdasarkan jenis konten yang ada di dalam game dan disesuaikan dengan usia pemainnya.
 
Anda mungkin menemukan bahwa deskripsi mengenai usia pemain yang dipasang oleh lembaga industri game tidak sesuai di Tanah Air. Apakah Anda harus setuju atau mempertimbangkannya terlebih dahulu? Dikutip dari Kaspersky, ada beberapa poin yang harus orang tua pertimbangkan dalam menentukan hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Soal batasan usia dan dirilis
Jika Anda tinggal di negara yang tidak menyediakan konten dan informasi gim dalam kotak deskripsi, carilah secara online. Mengetahui tentang jenis permainannya akan membantu Anda untuk memutuskan.
 
2. Bandingkan peringkat di negara Anda dengan negara lain
Ingatlah bahwa, misalnya, kata-kata umpatan mungkin hilang dalam terjemahan, sehingga memungkinkan permainan tersebut memiliki batasan usia lebih tinggi di Negara-negara di mana pengucapan aslinya diucapkan dalam permainan.
 
3. Tontonlah cuplikan game
Baca atau menonton beberapa ulasan online, Anda dapat menemukan blogger dan vloggers permainan video di jejaring sosial apa pun. Biasanya cara ini cukup untuk mendapatkan gambaran yang layak tentang seperti apa permainan tersebut.
 
4. Cobalah untuk memainkannya bersama
Cari tahu bagaimana cara permainan tersebut berjalan, dan bicarakan grafik, alur, serta dialog di dalamnya. Selalu dampingi buah hati ketika mereka bermain online. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gagasan yang jauh lebih baik tentang apakah itu pilihan yang tepat untuk anak Anda, sekaligus mendapatkan waktu berkualitas bersama
 
5. Gunakan software atau alat kontrol
Demi menjaga buah hati tidak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gim, gunakan alat kontrol orang tua untuk menetapkan batas waktu. Misalnya, Kaspersky Safe Kids yang memungkinkan Anda menetapkan batas waktu baik di komputer maupun smartphone.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif