Ilustrasi. (Digital Trends)
Ilustrasi. (Digital Trends)

Cara Hemat Baterai Ponsel Saat Puasa

Teknologi tips dan trik teknologi smartphone Ramadan 2019
Ellavie Ichlasa Amalia • 26 Mei 2019 12:28
Jakarta: Dengan banyaknya aplikasi dan game yang bisa Anda akses via smartphone, waktu ketika puasa bisa berlalu tanpa Anda sadari. Sayangnya, biasanya, baterai smartphone biasanya harus Anda isi setiap malam.
 
Tergantung penggunaan dan kapasitas baterai, terkadang Anda juga harus mengisi baterai ponsel beberapa kali dalam satu hari. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai ponsel Anda.
 
1. Kurangi tingkat kecerahan layar
Cara paling mudah untuk menghemat baterai ponsel adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel. Tidak hanya itu, ini juga membuat mata Anda tidak terlalu cepat lelah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layar ketika Anda ada di dalam atau di luar ruangan. Biasanya, ketika Anda ada di bawah terik matahari, Anda harus meningkatkan tingkat kecerahan layar. Namun, ketika Anda sudah kembali berada di dalam ruangan, Anda bisa kembali menurunkan tingkat kecerahan layar.
 
Jika ponsel Anda sudah menggunakan OLED, Anda juga bisa memilih opsi dark mode.
 
2. Matikan paket data
Menurut Quartz, koneksi ke jaringan telekomunikasi menggunakan modul sistem global untuk komunikasi mobile (GSM), yang merupakan salah satu elemen yang memakan daya paling banyak pada ponsel. Untuk menghemat baterai smartphone, Anda bisa mematikan akses ke jaringan atau membatasi lama Anda menelepon.
 
3. Gunakan WiFi
Jika dibandingkan dengan jaringan 4G dengan ponsel, menggunakan WiFi membantu Anda menghemat kapasitas baterai hingga 40 persen.
 
Jadi, ketika Anda hendak menjelajah internet, Anda bisa menggunakan WiFi dan mematikan paket data pada ponsel. Ini akan membantu Anda untuk menghemat baterai ponsel.
 
4. Batasi konten video
Salah satu operasi yang paling boros baterai adalah proses video. Karena itu, sebaiknya Anda membatasi konten berisi video pada ponseol.
 
5. Aktifkan mode smart baterai
Semua smartphone memiliki mode hemat baterai. Misalnya, Android punya Power Saving Mode sementara Apple melengkapi iPhone dengan Low Power Mode.
 
Software ini akan memodifikasi cara kerja CPU untuk berbagai aplikasi, tingkat kecerahan layar, notifikasi, dan berbagai opsi lainnya untuk mengurangi tingkat penggunaan daya.
 
6. Gunakan Airplane Mode
Airplane Mode biasanya akan menonaktifkan GSM, WiFi, bluetooth dan GPS dan perangkat Anda. Dengan mengaktifkan mode ini, ketika ponsel Anda tidak dipakai, ia hanya akan mengonsumsi lima persen dari konsumsi daya biasanya.
 
Sebagai perbandingan, biasanya ponsel akan mengonsumsi daya lebih dari 15 persen bahkan ketika ia tidak digunakan. Namun, ketika Airplane Mode aktif, Anda tidak akan bisa menggunakan ponsel untuk komunikasi.
 
Pada dasarnya, untuk menghemat baterai ponsel, Anda harus menyeimbangkan penggunaan aplikasi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif