Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Cara Cepat Cek Spesifikasi PC dan Laptop

Teknologi teknologi gadget tips dan trik teknologi hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 21 September 2020 11:54
Jakarta: Bagi pengguna PC atau komputer dan laptop biasanya mereka akan memastikan bahwa spesifikasi perangkat yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh sebuah game.
 
Misalnya game Football Manager 2020 atau FM20 yang dibagikan gratis di Epic Games Store tersedia hingga tanggal 24 September 2020 untuk gamer di PC dan laptop. Tujuan pengecekan spesifikasi adalah untuk mengetahui game ini bisa berjalan lancar di perangkat Anda.
 
Hal ini sangat penting karena jangan sampai game yang sudah Anda download cukup lama justru tidak bisa berjalan lancar di perangkat karena spesifikasi PC atau laptop yang digunakan tidak sesuai. Anda akan sangat rugi apabila game ini diperoleh dari pembelian, bukan gratis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagaimana cara mengecek spesifikasi PC dan laptop? Caranya sangat mudah, biasanya informasi spesifikasi yang dibutuhkan adalah mengenai sistem operasi, prosesor yang digunakan, kapasitas RAM, dan kartu grafis serta VRAM yang dimiliki.
 
Berikut ini Medcom.id sudah membuat panduan mudah cara cepat cek spesifikasi PC dan laptop:
 
1. Pertama, tekan tombol berlogo Windows dan huruf "R" bersamaan sehingga muncul kotak dialog di bagian bawah layar
 
2. Di kotak dialog tersebut ketikan kalimat dxdiag dan tekan menu OK
 
Cara Cepat Cek Spesifikasi PC dan Laptop
 
3. Anda akan menerima sebuah menu dialog yang meminta izin untuk terhubung ke internet, setujui permintaan ini dan akan muncul kotak informasi bernama DirectX Diagnostic Tool
 
Cara Cepat Cek Spesifikasi PC dan Laptop
 
4. Di menu tab System pada DirectX Diagnostic Tool akan muncul informasi berupa sistem operasi, prosesor yang digunakan serta kapasitas memori atau RAM
 
Cara Cepat Cek Spesifikasi PC dan Laptop
 
5. Pilih tab Display 1 dan Display 2 yang berada di bagian atas untuk melihat informasi mengenai kartu grafis yang digunakan, baik kartu grafis terintegrasi maupun kartu grafis diskrit.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif