Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Terima Email Mengaku dari Facebook, Begini Cara Cek Kebenarannya

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Juni 2021 13:53
Jakarta: Beberapa waktu lalu Facebook Indonesia merilis buku panduan singkat dalam format digital yang berjudul Panduan Konsumen Anti-Ribet bagian dari kampanye #NyamandiSosmed. Di sini tersedia cara dan pengetahuan untuk mengamankan diri dari kejahatan siber.
 
Satu kasus yang dibahas oleh Facebook berupa fenomena email yang mengaku sebagai Facebook dan menyatakan bahwa akun Facebook Anda akan segera dihapus dengan berbagai alasan, salah satunya karena foto atau konten yang kita bagikan (share) melanggar hak cipta.
 
Email yang mengaku dari Facebook tersebut kemudian memberikan petunjuk agar Anda mengklik tautan ke sebuah situs dan memasukan data seperti nama lengkap, alamat email yang terdaftar di Facebook hingga username dan password Facebook.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda mungkin bingung, apakah email ini asli dari Facebook? Percayalah Facebook tidak pernah meminta username maupun password hingga data yang bersifat pribadi. Tautan dan situs tempat Anda memasukan data diri tadi adalah palsu termasuk email yang mengaku dari Facebook.
 
Metode kejahatan siber ini dikenal sebagai istilah phishing yaitu dengan menipu korban menggunakan identitas palsu atau berpura-pura dari organisasi atau layanan resmi. Di sini mereka menggunakan ancaman bahwa akun Facebook korban akan dihapus untuk memancing logika atau emosi korban sehingga mereka tidak teliti.
 
Bagaimana cara memastikan apakah email yang diterima berasal dari Facebook? Di dalam buku Panduan Konsumen Anti-Ribet tersedia langkah mudah untuk mengeceknya dari aplikasi Facebook di smartphone.
 
1. Pilih ikon tiga garis yang ada di sudut kanan atas tampilan Facebook
 
2. Di tampilan yang baru geser ke bawah dan pilih Pengaturan & Privasi atau “Settings & Privacy” dan lanjutkan memilih “Settings” yang muncul di bawahnya
 
3. Setelah masuk di halaman Pengaturan atau Settings, pilih Kata Sandi dan Keamanan atau “Password and Security”
 
4. Di tampilan halaman yang baru, geser pilihan menu hingga ke bawah dan pilih menu “Lihat email terbaru dari Facebook” atau “See recent emails from Facebook”
 
5. Selanjutnya Anda akan disajikan halaman yang memperlihatkan tanggal dan jam Facebook mengirim email serta apa isi penting dari email tersebut, misalnya perubahan password dan lainnya.
 
Apabila Anda tidak menemukan email Facebook yang sesuai dengan informasi tadi maka dipastikan email yang diterima dan meminta informasi pribadi sebelumnya adalah email palsu yang berpura-pura dari Facebook.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif