Meskipun apel memiliki identitasnya sendiri yang sudah lama ada, raksasa teknologi global ini telah berhasil mengubah buah yang sederhana ini menjadi identik dengan inovasi.
Meskipun apel memiliki identitasnya sendiri yang sudah lama ada, raksasa teknologi global ini telah berhasil mengubah buah yang sederhana ini menjadi identik dengan inovasi.

Tips & Trik

Cara Membuat Logo Menarik di Instagram

Arif Wicaksono • 15 Maret 2025 12:27
Jakarta: Bagaimanakah sebuah gambar apel menjadi logo perusahaan teknologi Apple?
 
Meskipun apel memiliki identitasnya sendiri yang sudah lama ada, raksasa teknologi global ini telah berhasil mengubah buah yang sederhana ini menjadi identik dengan inovasi.
 
Baca juga: Apple Umumkan iPad Air dengan Chipset M3

Kekuatan ini contoh sempurna tentang betapa mendasarnya desain logo yang efektif. Instagram terbukti menjadi salah satu platform media sosial terpenting untuk kesadaran dan pertumbuhan merek.
 
Dengan mempertimbangkan hal ini, membuat logo Instagram yang menonjol dapat berarti perbedaan antara pengikut dan konsumen yang menanyakan apakah mereka memiliki akun yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat logo Instagram.

Mengapa logo penting

Banyak pakar desain dan merek melihat logo sebagai wajah perusahaan. Bahkan, logo kamu mungkin merupakan hal pertama (dan satu-satunya) yang akan dilihat pelanggan, jadi penting untuk memiliki logo bagi merek Kamu, tetapi juga untuk membuatnya benar-benar mewakili apa yang Kamu perjuangkan sebagai perusahaan.

“Kata logo adalah kependekan dari logotype, representasi grafis dari sebuah merek,” jelas Essential Elements for Brand Identity oleh Kevin Budelmann, Yang Kim, dan Curt Wozniak dikutip dari Canva, Jumat 14 Maret 2025.
 
Logo adalah singkatan visual untuk segala hal mulai dari nilai-nilai kamu hingga penawaran layanan dan merupakan cara mudah untuk dengan cepat mewakili siapa kamu.

Apa yang membuat logo menjadi bagus?

Kamu akan segera menyadari betapa pentingnya logo bagi sebagai pelanggan. Beberapa logo begitu mendarah daging dalam kesadaran sehingga kita tidak dapat menyingkirkannya dari merek yang diwakilinya.
 
“Logo yang hebat berfungsi pada beberapa level,” tulis Matthew Healy, penulis Logo:300+ International Logos Deconstructed.
 
Pada level paling dasar, logo perlu menyertakan, atau merujuk pada, nama merek. Pada level berikutnya, logo dapat menyampaikan penawaran di balik merek yakni produk atau layanan.
 
Pada level yang lebih tinggi, logo perlu memajukan tujuan strategis organisasi yang lebih luas kepada audiens tertentu.  Terakhir, logo harus menyampaikan makna tersirat dari nilai, aspirasi, dan janji yang ingin dianut oleh merek kepada konsumennya.
 
Secara visual, logo yang hebat memanfaatkan segala hal mulai dari warna hingga tipografi secara efektif dan cepat untuk mengomunikasikan nilai, layanan, sikap, dan penawaran merek.

Pertimbangkan jenis-jenis logo

Jangan khawatir. Meskipun ada ratusan ribu logo, sebagian besar termasuk dalam beberapa kategori desain utama dan mengetahui apa saja yang termasuk dalam kategori tersebut akan membantu mempersempit pilihan ketika harus menemukan logo yang tepat untuk merek dan perusahaan.
 
Kamu akan sering menemukan segel, lambang, atau lencana dalam logo emblem dan ini adalah bentuk populer yang digunakan oleh universitas dan sekolah.
 
Namun, itu tidak berarti merek konsumen yang sukses tidak dapat menggunakan desain ini - merek seperti Warner Bros., Alfa Romeo, Harley Davidson, dan Starbucks telah berhasil menggunakan teknik ini ke dalam logo mereka.
 
Namun, saat kamu membuat logo untuk Instagram, emblem mungkin bukan pilihan yang tepat.
Jika kamu tertarik, berikut ini cara memperbaikinya dan selalu menguji produk akhir di beranda Instagram kamu (juga di perangkat seluler).

Ide logo maskot

Maskot tidak hanya terbatas pada pertandingan olahraga. Maskot adalah perwujudan identitas merek dalam logo.
 
Dalam beberapa kasus, maskot hanyalah cara untuk menanamkan merek secara efektif di benak pelanggan dengan cara yang mudah diingat. Maskot Michelin Man adalah contoh yang bagus untuk ini.
 
Maskot menawarkan tantangan yang sama dengan logo emblem. Maskot sering kali melibatkan banyak desain terperinci, beberapa di antaranya dapat hilang ketika diperkecil menjadi ukuran kecil.
 
Ada kesan kekuatan dalam logo monogram. Kita sering mengasosiasikannya dengan perusahaan-perusahaan yang kuat dan terkemuka, termasuk Chanel, Gucci, HBO, H&M, dan IBM, dan tampaknya logo ini digunakan di berbagai industry.
 
Logo monogram sering kali bergantung pada nama merek terkenal untuk memanfaatkan kekuatannya seperti huruf 'c' Chanel yang berurutan karena kita mengenal Chanel.
 
Logo ini sangat efektif secara visual, terutama dalam skala kecil.

Ide logo Wordmark

Meskipun mirip dengan monogram logo Wordmark mencakup seluruh nama merek, disajikan dalam format yang menarik perhatian.
 
Google, Disney, Facebook, Coca-Cola, eBay, Pinterest, dan Netflix semuanya memiliki kesamaan ini, tetapi ada beberapa alasan mengapa logo ini cocok dengan format logo ini yakni nama mereknya relatif pendek.
 
Untuk halaman Instagram, logo wordmark merupakan pilihan yang sulit, tergantung pada panjang nama merek.
 
Logo eBay mudah masuk ke dalam panel lingkaran kecil, tetapi Google telah menciptakan alternatif untuk media sosial mereka yang sedikit lebih mudah dikelola, dari segi ukuran.

Ide logo abstrak

Ingin benar-benar membuat tanda dengan logo kamu? Kamu bisa logo abstrak.
 
Merek-merek sukses seperti Nike, Mastercard, dan Toyota telah menciptakan kekuatan seperti itu dengan logo abstrak.
 
Meskipun sedikit lebih berisiko untuk membuat logo abstrak, itu dapat memberi kesempatan untuk benar-benar memberi cap kamu di pasar, menonjol dari pesaing dan menyalurkan identitas merek ke dalam gambar yang kecil dan kuat.

Ide logo kombinasi gambar dan brand

Jenis ini merupakan kombinasi cerdas dari gambar dan nama merek, untuk menciptakan perpaduan pengenalan yang kuat di antara konsumen. Ambil Amazon, Adidas, Burger King, dan Doritos sebagai contoh.
 
Ini sangat penting dalam hal pengenalan merek dengan  citra dan nama untuk mengomunikasikan identitas merek.
 
Selain itu, ini adalah strategi yang baik untuk memastikan pertumbuhan bisnis Kamu di masa depan, yang memungkinkan kamu untuk hanya mengandalkan logo saat menjadi terkenal, atau, yang lebih membantu, saat saluran media sosial seperti Instagram mungkin tidak sesuai dengan panjang nama merek.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Media sosial merupakan komponen yang sangat penting bagi bisnis kamu, oleh karena itu, perluasan identitas merek di seluruh saluran menjadi sangat penting.

Sebagai titik kontak utama antara konsumen, klien, dan perusahaan, kamu tidak dapat mengabaikannya sebagai representasi merek.

Kamu perlu mempertimbangkan dengan saksama bagaimana logo akan menjadi faktor penentu. Kamu bisa melihat tren logo terkini untuk mendapatkan inspirasi tentang cara terbaik untuk mewakili merek.

Cara menambahkan logo ke gambar profil Instagram

Setelah logo kamu selesai, jangan lupa untuk mengunggahnya ke halaman Instagram kamu.  
 
Cara termudah untuk melakukannya dengan masuk ke akun klik ikon di pojok kanan bawah, yang akan menampilkan halaman profil.
 
Di bagian atas, terdapat tombol panjang berjudul "edit profil", klik di sini, diikuti dengan mengklik "ubah foto profil" di bawah avatar melingkar.
 
Tambahkan logo dari pustaka foto ponsel cerdas dan pastikan ukurannya minimal 180x180 piksel. Sesuaikan logo agar sesuai dengan spesifikasi.
 
Ingatlah karena ukuran gambar profil yang kecil, jika logo memiliki representasi gambar yang lebih sesuai dengan spesifikasi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan