Ilustrasi.
Ilustrasi.

Manfaatkan 3 Aplikasi Ini untuk Permudah Ibadah

Teknologi tips dan trik teknologi Ramadan 2019
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Mei 2019 15:54
Jakarta: Kegiatan selama di bulan Ramadan mungkin tidak akan sepadat seperti biasanya, mengingat mereka yang berpuasa berusaha untuk tidak terlalu kelelahan. Biasanya ketika ada waktu luang banyak yang memanfaatkan untuk mencari konten hiburan di smartphone.
 
Namun, sebagian orang justru merasa lebih baik memanfaatkan smartphone untuk mendukung kegiatan beribadah mereka selama bulan Ramadan. Developer memahami bahwa di bulan ini sangat banyak konten yang berkaitan dengan ibadah yang akan diminati oleh pengguna smartphone.
 
Beberapa waktu lalu di Indonesia sudah ada beberapa aplikasi dengan konten religi yang diperkenalkan. Salah satu konten yang biasanya banyak dicari adalah yang bisa membantu penggunanya rajib beribadah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada tiga aplikasi yang menurut Medcom.id berisi konten Ramadan yang sangat lengkap dan bisa mendampingi penggunanya setiap hari.Di antaranya adalah aplikasi Muslimnesia, KESAN, dan Ummah.
 
Berikut ini kami akan membahasnya secara singkat satu per satu sehingga bisa menjadi referensi Anda memilih aplikasi terbaik di bulan Ramadan.
 

1. Muslimnesia

Aplikasi ini berfokus kepada muslim milenial. Riset yang dikutip menyebutkan bahwa dari 260 juta penduduk Indonesia sekitar 30 juta muslim milenial. Sama seperti generasi milenial lainnya, muslim milenial juga terbiasa menggunakan teknologi. Karena itu, muncul tren seperti dakwah digital.
 
Mengingat betapa padatnya kota metropolitan seperti Jakarta, maka sebagian muslim muda lebih memilih untuk memperdalam ilmu agamanya dengan mengikuti berbagai kajian yang disajikan di internet.
 
Manfaatkan 3 Aplikasi Ini untuk Permudah Ibadah
 
Di dalamnya ada banyak fitur mulai dari enunjuk arah kiblat, penunjuk waktu shalat, mencari masjid terdekat, jadwal kajian, doa dan dzikir, halal radar, Al-Quran, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang membedakan aplikasi Muslimnesia dengan aplikasi serupa lainnya adalah adanya jadwal kajian.
 
Di jadwal kajian, Anda akan bisa melihat tempat dan ustad atau ustadzah yang akan mengadakan kajian pada tanggal tertentu. Jika Anda memilih penceramah favorit, Anda juga bisa menyaring kajian yang ada berdasarkan nama ustad atau ustadzah.
 
Pada fitur halal radar, Anda tidak hanya dapat mencari restoran yang halal, tapi juga hotel dan rumah sakit. Sementara pada doa dan dzikir, Anda tidak hanya bisa mencari doa atau bacaan dzikir, aplikasi juga akan menampilkan doa secara random setiap harinya.

2. KESAN

KESAN merupakan singkatan dari Kedaulatan Santri. Aplikasi ini diklaim berbekal konten lengkap, sehingga juga dapat digunakan oleh siswa di institusi pendidikan Pesantren atau santri.
 
Aplikasi ini dirancang atas dasar pertimbangan tujuan untuk menemani santri, purna santri dan umat Islam, serta membantu mengingatkan terkait ibadah yang dapat dilakukan di hari-hari tertentu.
 
Manfaatkan 3 Aplikasi Ini untuk Permudah Ibadah
 
Aplikasi KESAN hadir tanpa iklan dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Dalam beberapa bulan mendatang, aplikasi Kesan ini juga disebut akan tersedia untuk diunduh oleh pengguna perangkat iOS. Menariknya sama sekali tidak ada iklan yang tampil menggangu di dalamnya.
 
Aplikasi ini juga membantu penggunanya untuk membuat jadwal shalat sesuai keinginan, tidak hanya berisi pengingat waktu shalat wajib, juga pengingat shalat sunnah seperti tahajud atau duha.
 
Tersedia juga fitur memberikan notifikasi berisi Hadis Sahih setiap pagi, serta hadis harian terkait dengan waktu penggunaan, seperti Ramadan, dan dapat dibagikan ke media sosial.
 
KESAN memiliki fitur doa dan shalawat yang berisi 19 jenis doan dan 36 jenis shalawat. Semuanya dihadirakan dalam bahasa aksara Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia yang lengkap berikut penjelasannya.
 
Aplikasi ini juga berbekal kalendar Hijriah, dengan penanda warna pada setiap tanggal. Warna merah disebut menandai hari besar dalam agama Islam, sedangkan warna kuning menjadi pengingat bagi pengguna terkait amalan sunnah yang dilakukan di hari tersebut.

3. Umma

Apliaksi buatan dalam negeri ini memiliki misi untuk membantu pengguna bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik atau khairu ummah dengan memanfaatkan teknologi.
 
Di dalam aplikasi Umma terdapat tiga fitur utama. Pertama adalah fitur penunjang beribadah yang terdiri dari waktu shalat dan penunjuk arah kiblat yang secara otomatis berbasis lokasi yang terbaca GPS. Di dalamnya juga ada fitur Al-Quaran dan terjemahan yang berisi beragam rekomendasi terkait tema kehidupan.
 
Manfaatkan 3 Aplikasi Ini untuk Permudah Ibadah
 
Fitur kedua adalah tersedianya konten artikel dan video kajian atau ceramah ustadsz yang telah diverifikasi dan dimoderasi oleh aplikasi Umma. Kemudian fitur ketiga adalah fitur komunitas. Fitur komunitas berisikan grup percakapan yang memfasilitas interaksi pengguna Umma untuk berdiskusi dan tanya jawab dengan ustadz pembina grup.

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif