Ilustrasi.
Ilustrasi.

Update Windows 10 Bermasalah, Begini Cara Menghapusnya

Teknologi microsoft tips dan trik teknologi windows
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Maret 2019 12:05
Jakarta: Sebuah pembaruan di software seharusnya membuat sistem yang sudah terpasang menjadi lebih baik. Selain memberikan fitur baru, update juga berfungsi memperbaiki masalah yang ada.
 
Namun, tidak jarang update justru memberikan masalah baru. Biasanya update tersebut belum benar-benar matang saat dibuat developer. Kasus ini kerap terjadi pada Windows 10. PC atau laptop yang tadinya berjalan dengan normal, malah menemukan masalah.
 
Masalahnya bermacam-macam, mulai dari fitur yang hilang atau tidak bisa diakses, kontrol di perangkat menjadi bermasalah, hingga mengganggu performa perangkat. Lebih buruk lagi ada juga yang malah memberikan celah keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh sebab itu, penyedia software selalu menganjurkan penggunanya untuk rajin melakukan update, meskipun ukuran kadang sangat besar dan memakan waktu pada proses pemasangan.
 
Apabila update yang baru saja diunduh dan dipasang bermasalah, Microsoft sudah menyediakan solusi sementara. Caranya dengan menghapus atau uninstall update tersebut sambil menunggu update terbaru yang aman.
 
Berikut ini Medcom.id berikan panduan langkah melakukan uninstall dari update Windows 10.
 
1. Masuk ke bagian Control Panel
Anda harus mengklik ikon gear atau Settings yang ada di sisi kiri menu Start setelah mengklik ikon Windows di taskbar. Pada bagian Control Panel atau Windows Setting pilih menu Update & Security.
 
Update Windows 10 Bermasalah, Begini Cara Menghapusnya
 
2. Menu Windows Update & Security
Menu ini biasanya digunakan untuk mengecek dan melakukan update dari Windows 10 dan software pendukungnya. Kini Anda harus mengklik menu View Update History untuk mengecek riwayat update yang sudah perangkat Anda terima.
 
Update Windows 10 Bermasalah, Begini Cara Menghapusnya
 
Perangkat akan melakukan proses memuat sebentar untuk menampilkan daftar riwayat update. Nantinya akan tampil beragam keterangan update dan versi yang sudah terpasang.
 
Update Windows 10 Bermasalah, Begini Cara Menghapusnya
 
3. Hapusupdate yang terpasang
Untuk menghapus atau uninstall update pilih menu bernama Uninstall Update di bagian atas halaman tadi. Nantinya Anda akan diberikan kotak menu baru yang berisi daftar update yang sudah terpasang.
 
Update Windows 10 Bermasalah, Begini Cara Menghapusnya
 
Klik update yang kira-kira ingin dilakukan uninstall. Anda akan melihat tulisan menu Uninstall muncul di bagian atas tabel daftar update. Kemudian klik Uninstall untuk memulai proses penghapusan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif