Pembayaran Zakat Fitrah. (ANTARA)
Pembayaran Zakat Fitrah. (ANTARA)

Tips & Trik

4 Aplikasi Penyedia Zakat Online

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi aplikasi Ramadan 2020
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Mei 2020 12:29
Jakarta: Di masa pandemi Covid-19 atau virus Korona, umat Muslim tetap diwajibkan untuk membayar zakat fitrah sebagai bagian ibadah di bulan Ramadan. Namun, kali ini kegiatan tersebut harus dilakukan dengan mengurangi kontak fisik atau bepergian ke luar.
 
Meskipun demikian umat Muslim tetap masih bisa memberikan zakat fitrah dengan mudah. Kini sudah banyak aplikasi online berbasis transaksi digital yang terhubung ke lembaga yang berwenang menyampaikan zakat fitrah.
 
Di sisi lain zakat fitrah online bisa menekan penggunaan uang kertas yang bisa menjadi perantara virus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beriku ini Medcom.id merangkum beberapa aplikasi yang menyediakan zakat fitrah online dan kredibel sehingga dijamin zakat fitrah yang dilakukan sah dan tersampaikan kepada yang seharusnya menerima.
 
1. Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga menyediakan layanan untuk melakukan pembayaran zakat fitrah secara online, tidak lewat aplikasi tapi halaman situs mereka. Jadi pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi lagi.
 
Alternatif zakat secara online melalui situs resmi Baznas bisa menjadi pilihan pembayar zakat yang ingin memastikan bahwa zakat fitrah mereka sah dan tersampaikan.
 
Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu masuk ke bagian bayar zakat di situs resmi Baznas kemudian mengisi data diri dan jumlah jiwa yang akan dibayarkan zakat serta pilih metode pembayaran zakat.
 
2. Bukalapak dan Tokopedia
Bukan hal baru bahwa e-commerce kini juga menyediakan beragam pilihan pembayaran selain untuk melakukan jual beli barang. Bukalapak dan Tokopedia dalam hal ini juga sudah menyediakan fitur zakat online, Anda bisa memilihnya dan menentukan proses pembayaran melalui sistem transfer ke rekening virtual atau lewat dompet digital.
 
3. Dana dan LinkAja
Apabila Anda enggan untuk mengunduh dan memasang aplikasi lain di smartphone dan sudah memiliki aplikasi dompet digital seperti Dana dan LinkAja maka keduanya sudah bisa digunakan.
 
Kedua aplikasi tersebut sudah menyediakan fitur transaksi digital yang lengkap termasuk pembayaran zakat fitrah. Mereka sudah bekerja sama dengan badan atau lembaga seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan lainnya untuk menyalurkan zakat secara sah dna terpercaya.
 
4. Gojek
Anda tidak memiliki aplikasi dompet digital? Tidak perlu bingung karena aplikasi Gojek yang digunakan sehari-hari sebelum masa pandemi Covid-19 juga memiliki fitur untuk melakukan pembayaran Zakat.
 
Di dalam aplikasi Gojek ada pilihan bernama GoGive yang menyediakan layanan berdonasi lewat akun GoPay penggunanya. Di sini pengguan bisa memilih donasi ke lembaga yang bekerja sama seperti Baznas, Dompet Dhuafa dan lainnya untuk melakukan zakat fitrah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif