Berikut lima tips di WhatsApp yang mungkin dilupakan oleh pengguna.
Berikut lima tips di WhatsApp yang mungkin dilupakan oleh pengguna.

Tips & Trik

Ini 5 Tips Tersembunyi WhatsApp

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi whatsapp
Lufthi Anggraeni • 06 Januari 2021 13:21
Jakarta: WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, terutama di Indonesia. Hal ini mendorong WhatsApp menghadirkan rangkaian pembaruan untuk mendukung kenyamanan penggunanya.
 
Pembaruan yang berjumlah tidak sedikit ini mungkin menyebabkan pengguna kewalahan dan justru melupakan fitur baru yang dihadirkan WhatsApp melalui update tersebut. Berikut fitur WhatsApp yang mungkin terlupakan oleh Anda.
 
1. Notifikasi Berbeda untuk Tiap Kontak/Group
Sebagian besar pengguna WhatsApp menerima banyak pesan setiap hari sehingga smartphone sering berbunyi atau bergetar yang mengindikasikan penerimaan notifikasi. Namun pesan dalam jumlah banyak ini justru menyebabkan pengguna melewatkannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menghindarinya, Anda dapat mengatur suara notifikasi berbeda untuk masing-masing percakapan, baik percakapan grup maupun personal. Hal ini dapat dilakukan dengan mengetuk nama grup atau kontak untuk mengakses pengaturan chat.
 
Kemudian, pilih tanda titik tiga di sudut kanan atas halaman percakapan, dan akses Group Info. Pada bagian Group Info, temukan opsi Custom Notification dan centang opsi tersebut, kemudian pilih notifikasi yang diinginkan untuk kontak atau grup tersebut.
 
2. Periksa Apabila Anda Diblok
Jika merasa tidak nyaman terhadap pengguna yang kerap mengirimi pesan via WhatsApp, Anda dapat memblokir mereka. Namun, hal ini juga berlaku untuk Anda, dan pengguna lain pun dapat memblokir Anda.
 
Umumnya, jika nomor kontak diblokir pengguna lain, Anda tidak akan dapat melihat foto profil, status hingga last seen mereka. Untuk memastikannya, coba kirim pesan kepada nomor pengguna lain tersebut.
 
Apabila pesan yang dikirim hanya menampilkan ikon centang berjumlah satu dalam jangka waktu lama, maka sudah dapat dipastikan bahwa penerima pesan memblokir nomor kontak Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menelepon, dan kontak tidak bisa dihubungi jika kontak Anda diblokir.
 
3. Sembunyikan Chat di WhatsApp
WhatsApp memiliki fitur Archive atau arsipkan, memungkinkan percakapan yang telah diarsipka tidak akan muncul di dalam layar alias tersembunyi. Namun percakapan personal atau group akan tetap ditampilkan di halaman percakapan atau chat saat menerima pesan baru dari kontak yang diarsipkan tersebut.
 
Untuk mengarsipkan percakapan di perangkat Android, ketuk dan tahan selama beberapa saat pesan dari satu kontak atau grup. Lalu, tekan ikon kotak dengan tanda panah di bagian dalamnya yang tersemat di atas halaman percakapan, dan percakapan akan secara otomatis diarsipkan.
 
Sedangkan pengguna WhatsApp di iPhone dapat memanfaatkan fitur ini dengan menggeser  pesan ke arah kiri dan pilih opsi arsipkan. Pesan yang sudah diarsipkan dapat diakses dari laci di bagian bawah daftar percakapan WhatsApp di smartphone.
 
4. Kirim Pesan tanpa Simpan Nomor Kontak
WhatsApp mungkin hanya mengizinkan Anda untuk mengirimkan pesan pertama kali pada kontak yang telah tersimpan di daftar kontak. Namun Anda dapat memanfaatkan sejumlah trik agar tetap dapat saling mengirimkan pesan ke nomor kontak tanpa menyimpannya.
 
Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi 'Click to chat' yang dapat Anda unduh di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetik nomor, kemudian dialihkan ke WhatsApp dan menampilkan jendela percakapan untuk kontak tersebut.
 
5. Mendengarkan Voice Note secara Privat
Fitur Voice Note dihadirkan WhatsApp sebagai salah satu medium percakapan pribadi. Namun, cara Anda mendengarkan pesan suara ini, terutama di tempat umum, juga menentukan kerahasiaan pesan suara tersebut.
 
Untuk menjaga kerahasian pesan suara di tempat umum, Anda dapat mengetuk Play kemudian menempelkan smartphone ke telinga. Hal ini memungkinkan WhatsApp mendeteksi dan mengubah sumber keluaran suara dari speaker utama ke speaker earpiece yang biasa digunakan untuk menelepon.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif