Ilustrasi.
Ilustrasi.

9 Langkah Amankan Ponsel Anda

Teknologi smartphone
Ellavie Ichlasa Amalia • 19 Juni 2019 11:27
Jakarta:Ada banyak data pribadi yang tersimpan pada smartphone, mulai dari informasi diri sampai data perbankan. Karena itu, sebaiknya Anda waspada agar ponsel Anda tidak tercuri atau diretas. Untuk melindungi ponsel Anda dan isinya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.
 
1. Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi Anda
Perusahaan software selalu mengeluarkan versi terbaru dari aplikasi dan OS buatan mereka. Tidak hanya untuk memberikan fitur baru, update juga bertujuan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan. Karena itu, sebaiknya Anda selalu mengunduh versi terbaru dari aplikasi atau OS pada ponsel.
 
2. Hindari WiFi publik
Anda biasanya bisa menemukan WiFi publik di kedai kopi, bandara, atau tempat umum lainnya. Menggunakan WiFi publik memiliki risiko karena itu sama saja Anda membuka diri pada serangan dari hacker.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika memungkinkan, sebaiknya Anda tidak mengaktifkan WiFi ketika Anda ada di tempat umum. Sementara jika Anda terpaksa menggunakan WiFi publik, gunakan aplikasi VPN, seperti yang disebutkan Digital Trends.
 
3. Pasang kunci pada smartphone
Selalu kunci layar ponsel Anda, baik menggunakan password atau PIN. Keberadaan password atau PIN mungkin akan menyulitkan Anda ketika Anda hendak membuka kunci layar. Namun, ini akan membuat ponsel Anda menjadi lebih aman.
 
Sebaiknya, Anda menggunakan password yang menggabungkan huruf dan angka. Jika Anda tidak suka menggunakan password, Anda juga bisa menggunakan fitur keamanan seperti sensor sidik jari dan fitur pengenalan wajah.
 
4. Gunakan fitur autentikasi dua faktor
Orang biasanya enggan untuk menggunakan fitur autentikasi dua faktor karena ia menyulitkan Anda ketika Anda hendak masuk ke akun Anda. Namun, sama seperti password, autentikasi dua faktor berfungsi untuk membuat ponsel dan aplikasi di dalamnya menjadi lebih aman.
 
5. Gunakan password yang kuat
Cara untuk membuat data Anda menjadi lebih aman adalah dengan menggunakan password yang kuat. Anda bisa membuat password yang terdiri dari 16-20 karakter dan menggabungkan angka, huruf besar dan kecil, serta simbol.
 
6. Waspada akan email phishing dan spam
Salah satu metode yang paling sering hacker gunakan untuk mengakses ponsel Anda adalah metode phishing. Melalui metode phishing, hacker berpura-pura untuk menjadi entitas terpercaya agar Anda mau memberikan informasi pribadi Anda dengan suka rela. Karena itu, sebaiknya Anda tidak membuka lampiran yang mencurigakan pada email.
 
7. Gunakan fitur pengaman
Pada iPhone, Anda bisa mengaktifkan Find My iPhone. Android juga memiliki fitur serupa, meski mungkin nama fitur itu berbeda-beda, tergantung pada perusahaan yang membuat ponsel. Misalnya, pada ponsel Samsung, nama fitur itu adalah Find My Device.
 
8. Gunakan aplikasi antivirus
Untuk menghindari password atau informasi pribadi Anda tercuri, Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus. Namun, pastikan bahwa Anda menggunakan aplikasi antivirus dari perusahaan terpercaya, seperti dari Avast atau McAfee.
 
9. Lakukan backup data
Meskipun Anda telah melakukan berbagai persiapan, tidak ada salahnya jika Anda tetap melakukan backup data. Jadi, jika ponsel Anda tercuri atau hilang, data pada ponsel Anda tetap aman.
 
(ELL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif