Ilustrasi. (Alamy Stock Photo)
Ilustrasi. (Alamy Stock Photo)

Tips & Trik

Ini Spesifikasi Laptop Buat Anak Sekolah

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Juli 2021 20:20
Jakarta: Hari ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam sebuah konferensi virtual menyampaikan bahwa di tahun 2021 telah mengirim 190 ribu laptop untuk 12 ribu sekolah di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program digitalisasi sekolah.
 
Nadiem juga mengklaim di tahun ini Kemendikbudristek bajal mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,4 triliun untuk belanja 240 ribu laptop yang dibagikan ke setiap jenjang sekolah yang diprioritaskan semua laptop tersebut adalah buatan merek lokal.
 
Meskipun begitu diakui banyak dari konsumen di Indonesia yang masih mempertimbangkan nama sebuah brand dalam memilih laptop. Berikut ini Medcom.id sudah membuat panduan spesifikasi laptop untuk anak sekolah dengan mempertimbangkan ragam aspek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebutuhan dan Penggunanya
Saat memilih spesifikasi laptop tentukan dulu apa kebutuhan dan penggunanya. Kebutuhan untuk sekadar video conference umumnya pada anak di bangku PAUD atau sekolah dasar (SD). 
 
Berbeda lagi dengan anak di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Mereka mungkin akan membutuhkan laptop untuk mengetik, membuat tabel Microsoft Excel atau presentasi dengan Power Point.
 
Khusus pelajar sekolah menengah kejuruan atau SMK biasanya terdapat jurusan atau mata pelajaran multimedia yang berisi kegiatan desain dan penyunting foto atau video makanya mereka butuh laptop dengan spesifikasi sesuai kegiatan tadi.
 
Ukuran Layar
Hal penting lain dari spesifikasi laptop adalah ukuran layarnya. Anak sekolah di usia PAUD dan SD diimbau menggunakan laptop dengan layarnya yang cukup besar agar kesehatan mata terjaga. Soal bobot laptop tidak perlu dipertimbangkan karena mereka akan lebih sering menggunakannya di rumah.
 
Anak sekolah atau pelajar di bangku SMP dan SMA mungkin tidak masalah dengan menggunakan laptop yang memiliki layar 13 inci maupun 11 inci yang saat ini sudah jarang ditemukan karena dianggap terlalu kecil. Ukuran yang kecil biasanya membuat laptop jadi lebih ringan.
 
Pelajar di SMK terutama bidang keahlian desain akan butuh laptop dengan layar yang besar untuk membuat kegiatan tersebut cukup nyaman dan membuat mata tidak lelah.
 
Prosesor dan Kartu Grafis
Bagian ini yang kerap membuat siapapun bingung saat akan membeli laptop. Prosesor dan kartu grafis disesuaikan dengan kebutuhan dan pengguna. Apabila hanya digunakan untuk video conference maka prosesor Intel Core i3 atau yang sekelas dari AMD sudah sangat cukup.
 
Pada pengguna seperti pelajar SMP dan SMK disarankan laptop dengan prosesor Intel Core i5 atau sekelasnya dari AMD untuk menyediakan kemampuan komputasi yang lebih kencang untuk multitasking atau membuka banyak aplikasi. Kartu grafis di sini tidak terlalu dibutuhkan yang tinggi.
 
Spesifikasi laptop untuk pelajar SMK lebih tinggi, dibutuhkan prosesor paling rendah Intel Core i5 atau sekelasnya dari AMD dan yang lebih tinggi lebih baik. Di kartu grafis, Nvidia GeForce MX350 atau yang sekelas dari AMD sudah mencukupi untuk penyuntingan foto atau desain ringan.
 
Kapasitas RAM dan Storage
Pengguna seperti pelajar SD hingga SMA mungkin tidak terlalu pusing soal kapasitas RAM karena tidak menjalankan aplikasi berat seperti desain. Kapasitas RAM minimal 4GB sudah tergolong cukup namun 8GB jauh lebih baik agar terhindar dari performa lelet.
 
Pada laptop untuk kegiatan desain grafis dan sejenisnya di pelajar SMK kapasitas RAM laptop minimal 8GB atau 16GB untuk menjalankan aplikasi berat. Kini bicara soal kapasitas storage atau penyimpanan data, kapasitas 512GB sudah sangat cukup, apabila menggunakan storage jenis SSD maka performanya dipastikan lebih kencang.
 
Harga
Pada akhirnya harga menjadi pertimbangan yang juga penting karena menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Laptop untuk pelajar di tingkat SD, SMP, dan SMA dengan banderol harga Rp4-5 juta biasanya sudah tergolong cukup, sementara untuk pelajar SMK sebuah laptop dengan harga kisaran Rp7 juta sudah termasuk mumpuni.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif