Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Begini Cara Cari Tahu HP Kamu Tahan Air atau Enggak Tanpa Dicelup!

Teknologi gadget tips dan trik teknologi tips & trik
Cahyandaru Kuncorojati • 19 April 2022 14:00
Jakarta: Setiap pemilik smartphone pasti ingin perangkat mereka awet atau memiliki umur panjang namun selalu ada kecelakaan yang tidak terduga misalnya jatuh atau terkena air. Nah, permasalahan kedua ini juga sangat menakutkan!
 
Kita kerap rela membuka smartphone di tengah rintik hujan di jalan demi mengetahui siapa yang menghubungi atau mengirim WhatsApp. Tidak cuma itu, kita kerap menaruh smartphone sembarangan di meja makan atau membawanya ke kamar mandi.
 
Kabar baiknya, produsen smartphone sudah mengetahui kebiasaan buruk ini meskipun di sisi lain banyak pengguna yang juga menggunakan perangkat mereka untuk menghasilkan konten di kondisi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada sejumlah indikator atau tanda yang bisa pengguna cek saat ingin cari tahu smartphone mereka tahan air atau tidak, berikut tandanya:
 
Perbedaan water resistant dan waterproof
Istilah teknis ini kerap berubah pemahamannya dengan alasan bahasa marketing padahal dalam praktiknya kedua kemampuan tersebut berbeda Water resistant dimaksudkan perangkat tahan terhadap cipratan atau penetrasi air dalam tingkat tertentu. Jadi water resistant lebih mirip dengan water splash.
 
Waterproof sesuai artinya yaitu kedap terhadap air alias benar-benar tahan air. Makanya istilah waterproof jarang digunakan pada gadget atau smartphone, karena lebih banyak ditemukan pada perangkat lain yang memang ditujukan untuk penggunaan dalam air.
 
Kebanyakan smartphone akan memberikan keterangan bahwa mereka tahan air hingga kedalaman sekaligus durasi tertentu apabila menggunakan istilah waterproof.
 
Fitur IP67 dan IP68
Anda pasti pernah mendengar kedua istilah barusan saat membaca peluncuran atau spesifikasi smartphone. IP67 dan IP68 adalah sertifikasi yang diberikan untuk daya tahan perangkat di kedalaman air dan durasi tertentu. Sertifikasi ini umum digunakan di industri gadget dan perangkat elektronik.
 
Dikutip dari situs RugGear, IP67 memiliki daya tahan hingga kedalaman setengah meter di durasi 30 menit, sementara IP68 di kedalaman hingga 1,5 meter dan durasi satu jam.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif