Ilustrasi. (WikiHow)
Ilustrasi. (WikiHow)

Tips Bikin Konten Video Pendek Bertema Memasak Hanya Pakai Smartphone

Cahyandaru Kuncorojati • 22 Mei 2022 11:49
Jakarta: Konten berupa video pendek kini semakin populer karena dinilai lebih praktis dan penuh informasi. Di sisi lain bagi pembuatnya atau creator, mereka tidak perlu repot menyunting video yang sangat panjang bahkan mereka bisa menciptakannya hanya bermodal smartphone.
 
Konten video pendek yang kini cukup populer adalah kategori atau tema memasak. Tidak hanya membangkitkan selera makan tapi jenis video ini juga kerap membagikan inspirasi masakan yang menarik, enak, tapi dengan bahan yang mudah digunakan.
 
Platform video pendek seperti Snack Video juga memiliki banyak sekali konten dengan tema atau kategori memasak. Kini mereka membagikan tips cara membuat konten video pendek memasak hanya bermodal smartphone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fokus pada makanan, bukan latar belakang
Video pendek memiliki format vertikal yang membuatnya tidak menyediakan cukup ruang untuk menangkap gambar latar belakang pembuat video. Sudut pandang ini bisa dihadirkan dengan kamera smartphone.
 
Keuntungannya adalah pembuat video atau creator kini tidak perlu pusing memikirkan latar belakang atau dapur mereka terlihat tidak menarik. Justru mereka harus fokus mengambil video ke pada makanan atau masakan serta proses pembuatannya.
 
Pilih bahan masakan yang segar dan gunakan peralatan masak berwarna cerah
Permainan warna adalah hal penting dalam video terutama kategori makanan atau memasak, agar masakan atau makanan terlihat lezat. Makanya gunakan bahan makanan yang terlihat segar, kalian juga bisa memberikan efek tertentu agar semakin menarik misalnya terlihat sayur yang terlihat basah karena embun.
 
Pembuat video atau creator juga bisa memperlihatkan proses pengambilaan bahan makanan atau masakan, misalnya saat memetiknya langsung dari pohon atau kebun. Kini, perhatikan alat masak yang digunakan dalam video.
 
Anda tidak lagi harus pusing memikirkan latar belakang atau dapur karena tidak terlihat di dalam video. Namun Anda harus memperhatikan alat masak karena akan kerap muncul di dalam video pendek, disarankan menggunakan peralatan masak dengan warna cerah agar tampilan semakin memikat.
 
Perhatikan arah asap agar tidak menggangu kamera
Membuat video pendek seperti memasak bukan berarti tanpa tantangan. Asap yang dihasilkan selama proses memasak kerap mengganggu apabila tidak diperhatikan terutama saat arah asap mengganggu kamera smartphone.
 
Hal ini bisa membuat fokus video terganggu, misalnya terhalang asap yang tebal hingga membuat kamera di smartphone tertutup embun yang membuat gambar video menajdi buram atau tidak tajam.
 
Manfaatkan filter kamera atau video bertema makanan
Di kamera smartphone maupun media sosial seperti Video Snack sudah menyediakan filter untuk dengan mudah mempercantik tampilan video. Di sini biasanya tersedia filter bernama ‘foof’ atau makanan. Jadi warna dari makanan atau masakan akan terlihat semakin kuat.
 
Hal yang perlu diperhatikan adalah filter ini kerap membuat warna terlalu mencolok, apabila Anda kurang menyukai atau tidak cocok dengan warna bahan makanan maka diperbolehkan untuk tidak perlu memakai filter.
 
Tambahkan lagu latar atau konten ASMR
Video pendek tidak hanya menarik dari sisi visual tapi juga audio. Creator bisa menambahkan lagu latar yang cocok dengan tema masakan atau makanan yang dibuat. Apabila ingin lebih menarik juga bisa ditambahkan konten ASMR, yaitu tangkapan suara yang tajam dari proses memasak misalnya saat memotong sayur atau bunyi renyah saat makanan disantap.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif