Membatalkan pesanan di Tokopedia bisa menjadi langkah yang perlu diambil dalam beberapa situasi.
Membatalkan pesanan di Tokopedia bisa menjadi langkah yang perlu diambil dalam beberapa situasi.

Tips & Trik

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Arif Wicaksono • 19 Februari 2025 14:21
 Jakarta: Membatalkan pesanan di Tokopedia bisa menjadi langkah yang perlu diambil dalam beberapa situasi. Pembatalan pesanan penting jika kamu berubah pikiran atau menemukan produk yang lebih baik setelah melakukan pemesanan.
 
Baca juga: Cara COD di Tokopedia

Dengan membatalkan pesanan di Tokopedia, kamu dapat menghindari pembelian yang tidak diinginkan dan menghemat uang,
 
Selain itu, pembatalan pesanan juga penting jika ada masalah dengan produk atau penjual. Misalnya, jika produk yang Kamu pesan ternyata tidak tersedia, penjual tidak merespon, atau ada indikasi penipuan.
 
Dalam situasi seperti ini, membatalkan pesanan di Tokopedia adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari kerugian dan mendapatkan pengembalian dana.
 
Terakhir, membatalkan pesanan juga penting jika kamu memiliki kendala yang tidak terduga. Misalnya, jika Kamu mengalami masalah keuangan, perubahan alamat pengiriman, atau situasi darurat lainnya.
 
Dalam kondisi seperti ini, membatalkan pesanan dapat membantu kamu menghindari masalah yang lebih besar dan menemukan solusi yang lebih sesuai.
 
Secara keseluruhan, membatalkan pesanan di Tokopedia adalah hak kamu sebagai pembeli. Berikut cara membatalkan pesanan di Tokopedia.

1. Jika Pesanan Belum Dibayar

Jika kamu memilih metode pembayaran yang belum diselesaikan (misalnya transfer bank atau pembayaran di minimarket), pesanan akan otomatis dibatalkan jika tidak dibayar dalam batas waktu yang ditentukan.

2. Jika Pesanan Sudah Dibayar, tetapi Belum Diproses Penjual

Buka Aplikasi Tokopedia dan masuk ke akunmu. Pilih "Transaksi" lalu cari pesanan yang ingin dibatalkan. Klik "Batalkan Pesanan". Pilih alasan pembatalan yang sesuai. Konfirmasi pembatalan.
 
Jika penjual belum memproses pesanan, pembatalan akan langsung diproses dan dana akan dikembalikan sesuai metode pembayaran.

3. Jika Pesanan Sudah Diproses oleh Penjual

Pembatalan hanya bisa dilakukan jika penjual setuju. Ajukan permintaan pembatalan melalui menu "Ajukan Pembatalan" di detail pesanan. Jika penjual menolak, pesanan tetap akan dikirimkan.

4. Jika Pesanan Sudah Dikirim

Jika pesanan sudah dalam perjalanan, pembatalan tidak bisa dilakukan langsung. Kamu bisa menolak paket saat kurir mengantarkan atau mengajukan "Pengembalian Barang" setelah menerima pesanan jika ada alasan yang valid (misalnya barang rusak atau salah kirim).
 
 Jika mengalami kendala, kamu bisa menghubungi Customer Service Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan