Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Cara Tambah Storage PS4 Pakai HDD Eksternal

Teknologi teknologi games sony tips dan trik teknologi playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Juli 2020 10:38
Jakarta: Game terbaru saat ini hadir dengan ukuran file yang besar. Hal ini membuat gamer di perangkat konsol seperti PS4 harus memilih mana game yang mau dimainkan dan yang harus dihapus karena keterbatasan kapasitas memori penyimpanan.
 
Misalnya, game Call of Duty: Modern Warfare di PS4 pada bulan April lalu dilaporkan punya ukuran file yang semakin membengkak setelah menerima update terbaru. Game ini menjadi berukuran 200GB.
 
Padahal konsol PS4 hadir dengan spesifikasi kapasitas memori paling kecil yaitu 500GB. Di versi yang lebih mahal termasuk PS4 Pro kapasitas memorinya mencapai 1TB dan 2TB. Artinya, ini menjadi masalah serius bagi pemiliki PS4 versi reguler.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sony sejak merilis update firmware 4.50 di tahun 2017 membuat konsol PS4 bisa menggunakan perangkat penyimpanan eksternal seperti HDD atau SSD eksternal untuk menambah memori konsol. Cara menggunakannya juga mudah, tinggal mencolokan seperti USB flash drive.
 
Medcom.id sudah mencoba dan mengumpulkan informasi sebagai panduan untuk menggunakan HDD eksternal sebagai memori tambahan di konsol PS4, begini caranya:
 
1. Pasang HDD eksternal yang mau digunakan
PS4 mendukung fitur penambahan memori eksternal baik jenis HDD maupun SSD eksternal. Ada persyaratan yang harus diketahui yaitu perangkat tersebut harus mendukung fitur USB 3.0, informasi ini biasanya diketahui di bagian kemasan HDD atau SSD tersebut.
 
Kemudian colokan HDD atau SSD eksternal ini ke lubang port USB di PS4. Selanjutnya di bagian menu homescreen atau dashboard PS4 pilih menu Settings atau pengaturan.
 
Cara Tambah Storage PS4 Pakai HDD Eksternal
 
2. Pilih pengaturan Storage
Setelah masuk ke halaman Settings cari menu selanjutnya yaitu Storage yang akan menyediakan informasi kapasitas memori penyimpanan. Di sni Anda harus melanjutkan ke menu USB Storage Devices.
 
Cara Tambah Storage PS4 Pakai HDD Eksternal
 
3. Format HDD/SSD Eksternal
Di bagian USB Storage Devices nanti akan muncul perangkat yang terhubung dan kapasitasnya. Meskipun sudah terbaca tapi perangkat tersebut belum berfungsi. Penggguna harus melakukan format dulu, caranya pilih perangkat ini dan akan muncul opsi Format as Extended Storage.
 
Cara Tambah Storage PS4 Pakai HDD Eksternal
 
Nantinya file di dalam HDD/SSD ekternal yang diformat akan terhapus dan perangkat baru bisa digunakan untuk menyimpan game PS4. Namun perangkat tadi tidak lagi bisa digunakan terhubung ke PC atau laptop karena fungsinya sudah berubah.
 
Cara Tambah Storage PS4 Pakai HDD Eksternal
 
Cukup ikuti langkah yang muncul setelah memilih menu Format as Extended Storage maka HDD/SSD eksternal akan siap digunakan untuk menyimpan game PS4. Masih di menu Storage, Anda tinggal mengubah ke mana game PS4 akan disimpan (instal) yaitu memori internal atau HDD/SSD eksternal.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif