Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

5 Tips Bikin Video Pendek yang Menarik di Media Sosial

Teknologi media sosial teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2021 09:17
Jakarta: Menonton video berdurasi panjang seperti di YouTube memang menyenangkan tapi itu semua tidak terlepas dari teaser atau bocoran yang dibuat di media sosial lebih dulu lewat sebuah video pendek.
 
Video pendek ini bisa dianggap sebagai sebuah iklan untuk mempromosikan content creator atau pembuat video. Apabila video pendek ini menarik maka bisa menciptakan rasa penasaran yang menontonnya untuk menelusuri lebih dalam sosok pembuat video atau konten.
 
Kini dengan beragam media sosial yang menawarkan fitur video pendek maka siapapun bisa mulai mencoba membuat konten yang menarik, misalnya yang ditawarkan aplikasi Likee. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat video pendek yang menarik:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Buat username yang unik
Sebelum mulai menuangkan ide kreatif ke sebuah video pendek dengan beragam efek dan konten yang menarik, tentukan lebih dulu username atau nama Anda di media sosial.
 
Username bisa menjadi kunci utama agar Anda menarik perhatian dan membuat penonton penasaran. Anda bisa membuat username yang unik dan mudah diingat, makanya hal ini bisa dibilang gampang-gampang susah.
 
2. Ciptakan personal image
Tidak hanya diingat dari nama tapi hal yang bisa membedakan Anda dari content creator lain adalah lewat personal image. Misalnya, apabila Anda menyukai hobi tertentu maka jadikan hobi tersebut sebagai konten.
 
Tidak hanya memamerkan hobi tapi apabila Anda bisa membagikan pengetahuan atau tips dan trik di dalamnya maka konten video akan semakin menarik.
 
3. Ingat, lima detik pertama itu penting!
Konten dan efek visual yang menarik pada video pendek bisa tidak membuat penonton ingin melihatnya saat lima detik pertama video tersebut tidak mengesankan. Ya, lima detik pertama merupakan durasi krusial yang menentukan seseorang akan terus menonton atau melewatkannya.
 
Di lima detik pertama video pendek Anda, coba lakukan sekreatif mungkin untuk menunjukan pesan penting, kostum atau properti yang akan disajikan dalam video tersebut.
 
4. Curi perhatian penonton dengan tulisan
Meskipun video menjadi konten yang akan ditonton tapi jangan lupa sertakan teks atau tulisan yang menarik dan mungkin lebih mudah dijelaskan sehingga tidak memakan banyak waktu di video pendek yang dibuat.
 
Saat ini sudah banyak fitur atau efek untuk membuat teks atau tulisan menjadi lebih menarik, mulai dari warna, jenis huruf, ukuran, hingga efek yang melengkapinya.
 
5. Konsisten dalam mengunggah konten
Apabila semua poin di atas sudah dilakukan dan terbukti menarik penonton untuk melihat semua karya Anda, jangan lupa untuk konsisten dalam mengunggah atau membuat konten.
 
Konsisten untuk mengunggah konten terbaru akan membuat penonton terus mengingat Anda dan membagikan konten tersebut ke orang lain. Anda juga bisa bersaing dengan content creator lain dengan merebut perhatian atau panggung mereka.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif