Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Cara Scan Dokumen ke PDF di Android Tanpa Aplikasi Lain, Cuma Google Drive di Hape

Cahyandaru Kuncorojati • 24 Januari 2023 14:36
Jakarta: Di era serba digital ini semakin banyak kebutuhan untuk berbagi dokumen yang tidak lagi dibutuhkan dalam bentuk fisik alias cukup digital atau soft copy. Meskipun begitu dokumen yang diubah ke dalam bentuk digital tidak mentah dalam bentuk kertas yang difoto begitu saja.
 
Tentu saja hasil foto akan kurang jelas dibandingkan hasil pemindaian atau scan. Bentuk dokumen yang di-scan juga terkesan lebih formal. Makanya banyak instansi atau pihak yang meminta dokumen digital dalam bentuk PDF.
 

Kenapa dokumen digital dalam format PDF?

Format PDF berbeda dari format Word yang biasa dihasilkan dari sebuah file atau dokumen hasil ketikan. Pada format PDF, isi dari file atau dokumen tidak lagi bisa diubah atau di-edit.
 
Tidak hanya itu, format PDF juga membuat file bisa dengan mudah dibuka di banyak aplikasi dan perangkat tanpa isi atau susunannya berubah. Contohnya apabila Anda membuka dokumen dalam format Word di versi software yang berbeda biasanya ukuran spasi atau bentuk hurufnya akan berubah dari aslinya, bahkan berantakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: Ini 7 Alat untuk Mengubah File PDF ke Word
 

Bagaimana cara scan dokumen ke PDF di hape Android?

Kini proses scanning atau memindai tidak harus menggunakan alat scan khusus atau printer dengan fitur scan. Apabila Anda memiliki smartphone dengan kemampuan kamera yang mencukupi serta kondisi pencahayaan yang bagus maka hasil scan memakai kamera hape juga sudah lumayan.
 
Selama ini kita juga selalu mengenal bahwa proses scan dokumen dari foto menjadi PDF membutuhkan aplikasi lain. Padahal di dalam hape Android sudah ada aplikasi bawaan yaitu Google Drive yang ternyata punya fitur scan sekaligus convert atau konversi ke format PDF.
 
1. Buka aplikasi Google Drive, klik tanda ikon tambah atau plus di sisi kanan bawah. Pada menu yang muncul pilih ikon Scan.
2. Siapkan dokumen yang ingin kita scan, pastikan pencahayaan bagus sehingga tidak ada bayangan jatuh ke dokumen yang akan difoto atau scan, pilih ikon tanda centang setelah selesai foto.
3. Di halaman selanjutnya pilih ikon Crop yang ada di deretan kanan bawah, di atas tombol Save. Di bagian Crop Anda bisa menggeser titik pembatas area dokumen yang akan di-scan.
4. Pilih tombol Done jika sudah dan menu Save. Kini Anda tinggal menentukan lokasi untuk menyimpan file hasil scan format PDF di dalam Google Drive serta nama file.
 
BACA: Cara Edit File PDF dengan Google Docs
 
Kini Anda tinggal mengunduh atau download file tadi dari Google Drive apabila ingin dibagikan ke aplikasi lain. Kekurangan dari cara ini adalah semua file hasil scan otomatis disimpan ke Google Drive dan Anda harus mengunduhnya lagi apabila ingin dibagikan atau dicetak, jadi akan sedikit memakan kuotra internet.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif