Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Bersiap Hadapi Arus Balik, Ini Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone

Teknologi tips dan trik teknologi aplikasi tips & trik Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Mei 2022 11:53
Jakarta: Hari Lebaran atau Idul Fitri tahun ini kembali meriah setelah dua tahun pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang kembali melakukan rutinitas mudik tiap tahun. Kini dalam beberapa hari ke depan arus balik akan mulai terjadi.
 
Smartphone Anda bakal kembali menjadi gadget multi-fungsi dan paling diandalkan selama perjalanan, sama seperti ketika perjalanan mudik di mulai saat jelang Lebaran. Semua aplikasi di dalam smartphone akan bisa sangat membantu bahkan menghibur di perjalanan.
 
Medcom.id sudah membuat tips daftar aplikasi yang wajib ada di smartphone saat arus balik mudik. Tips ini dijamin akan sangat membantu dan berguna ketika Anda di perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Aplikasi cek saldo E-Money dan m-banking
Bagi pemudik yang membawa kendaraan pribadi harus selalu menyiapkan kartu uang elektronik seperti Mandiri E-Money, BCA Flazz, BRI Brizzi, dan BNI TapCash memiliki saldo yang cukup untuk melakukan pembayaran di gerbang tol.
 
Terutama pemudik yang memiliki smartphone dengan fitur NFC harus memiliki aplikasi cek saldo E-Money, ditambah aplikasi m-banking. Jadi mereka bisa mengecek dan top-up saldo E-Money dengan cepat dan mudah, tidak perlu mencari minimarket di rest area untuk pengisian secara cash.
 
Semua aplikasi m-banking saat ini sudah menyediakan dua fitur tersebut, demikian juga aplikasi e-commerce seperti Tokopedia dan LinkAja.
 
2. Aplikasi navigasi
Bagi pemudik yang menggunakan transportasi pribadi maka aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze akan sangat berguna. Mereka bisa dibantu menemukan jalan alternatif saat ingin menghindari kemacetan dari jalur utama mudik.
 
Meskipun begitu harus diingat bahwa arahan atau panduan dari Google Maps dan Waze tidak selalu tepat, banyak kasus penggunanya yang diarahkan lewat jalan sempit atau berbahaya. Jadi jangan sungkan meminta bantuan masyarakat setempat atau pihak kepolisian yang membuka posko bantuan di jalur mudik atau arus balik.
 
3. Aplikasi streaming video dan film
Bagi mereka yang menggunakan transportasi umum untuk kembali ke kota mungkin bisa lebih santai menikmati perjalanan sambil didampingi smartphone. Jangan lupa untuk menyiapkan aplikasi streaming video atau film seperti YouTube maupun Netflix dan sejenisnya.
 
Tidak cuma untuk menonton video dari Youtuber favorit, YouTube juga bisa digunakan untuk menyaksikan live stream dari kanal resmi pemerintah maupun media nasional yang memberikan kondisi di jalur arus mudik.
 
Bagi mereka yang ingin menikmati pilihan film atau serial tersedia Netflix yang memiliki sejumlah seri populer sementara Viu dan iQiyi menyediakan pilihan serial drama dan film Korea termasuk anime Jepang.
 
4. Aplikasi musik streaming
Bagi mereka yang mengendarai kendaraan pribadi sehingga harus tetap fokus memperhatikan jalan, bisa mengandalkan aplikasi streaming musik sebagai sumber hiburan.
 
Aplikasi streaming musik seperti Spotify tidak hanya menyediakan lagu tapi juga podcast. Mereka yang lebih menyukai musik lokal tersedia aplikasi Joox yang menyediakan katalog pilihan musik dalam negeri termasuk dari era lawas.
 
5. Aplikasi Twitter dan Instagram
Media sosial jangan hanya digunakan untuk membagikan momen bahagia selama mudik tapi juga untuk mendapatkan informasi terkini terkait kondisi jalur arus mudik dan hal menarik di sekitar lokasi yang Anda lalui.
 
Media sosial seperti Twitter dan Instagram banyak menyediakan kanal akun resmi dari instansi terkait pantauan arus mudik dan arus balik. Di Instagram juga banyak akun media sosial daerah yang membagikan informasi destinasi wisata hingga wisata kuliner yang mungkin bisa Anda kunjungi selagi beristirahat.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif