NEWSTICKER
Ilustrasi. (USA Today)
Ilustrasi. (USA Today)

Tips & Trik

Pertama Kali Bekerja dari Rumah? Lakukan Ini

Teknologi google tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 20 Maret 2020 13:09
Jakarta: Google menyadari bahwa gaya bekerja dari rumah atau mobile sebenarnya bukan cara yang baru. Sebagian perusahaan sudah menerapkan hal ini, tapi di tengah pandemi virus Korona atau Covid-19 ada beberapa perusahaan yang baru pertama kali mencobanya.
 
Google menilai sebagian besar dari mereka yang baru pertama kali mungkin bingung dengan gaya bekerja ini. Padahal menurut penelitian tim People Analytics, Google menemukan bekerja dari rumah sama efektifnya dengan bekerja di kantor.
 
"Tim People Analytics kami melakukan penelitian dengan mewawancara 5.000 karyawan dari berbagai perusahaan, untuk mengetahui apa saja tantangan yang muncul ketika kita harus berkolaborasi dengan teman kerja dari zona waktu dan lokasi yang berbeda," tulis Google.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah melakukan riset selama dua tahun, kami menemukan bahwa bekerja dari rumah ternyata sama efektifknay dengan bekerja di kantor tetapi prosesnya belum tentu mudah dan menyenangkan," lanjutnya.
 
Berikut ini Google membagikan tips untuk diterapkan dalam kegiatan bekerja dari rumah bersama tim Anda. Beberapa langkah ini bisa membuat proses bekerja dan berkolaborasi dari rumah bisa lebih menyenangkan.
 
1. Bicaralah dengan satu sama lain
Sebelum memulai bekerja dari rumah sambil video conference, Anda bisa memulai dengan percakapan ringan. Hal ini untuk membantu menciptakan suasana seperti saat di kantor.
 
Misalnya, mulai video call atau video conference dengan menanyakan kabar masing-masing atau berita menarik apa belakangan ini.
 
2. Pastikan Anda hadir dan tetap menyimak
Bekerja secara virtual kadang mengurangi tanda kehadiran masing-masing. Berbeda dengan saat di kantor di mana Anda bisa membaca atau menerima respon langsung dari lawan bicara.
 
Google mengimbau setiap peserta video conference menyalakan mikrofon dan menyimak penjelasan masing-masing peserta serta merespon dengan anggukan kepada atau bergumam. Pastikan wajah Anda terlihat jelas di video sehingga lawan bicara bisa melihat ekspresi Anda.
 
3. Jangan lupakan rekan yang lokasinya jauh
Di dalam tim selalu ada anggota yang tinggal di lokasi paling jauh. Mereka biasanya kesulitan untuk menyampaikan pendapatnya saat rapat dengan alasan atau kendala tertentu.
 
Google mengimbau dalam tahap diskusi selalu berikan kesmepatan lebih dulu bagi rekan yang lokasi rumahnya paling jauh untuk berbicara. Jangan lupa semangati mereka karena mungkin mereka yang paling merasakan kesulitan saat harus bekerja dari rumah.
 
4. Tetapkan aturan tim
Dalam kegiatan bekerja dari rumah maka sulit untuk membuat aturan yang jelas tanpa berada bersama dalam satu tempat dan melakukan tatap muka. Buat sebuah aturan tim sejak awal menerapkan kebijakan bekerja dari rumah.
 
Misalnya, aturan terkait komunikasi atau pengambilan keputusan terutama bagi mereka yang beda di zona waktu berbeda. Perhatikan juga aturan terkait waktu rapat di luar jam kerja karena dengan gaya bekerja dari rumah mungkin sulit bagi beberapa anggota tim untuk menyesuaikan waktu.
 
5. Makan bersama sambil video call
Tidak ada yang lebih menyenangkan ketika membuat suasana bekerja dari rumah tetap menyenangkan meskipun tidak bisa berada dalam satu tempat yang sama.
 
Google mengimbau tim yang melakukan video call atau video conference untuk sesekali melakukan kegiatan makan bersama sambil video call. Hal ini bisa membantu mempererat ikatan sesama anggota tim.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif