Motherboard.
Motherboard.

Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya

Teknologi tips dan trik teknologi hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 16 Januari 2019 07:24
Jakarta: Bukan hanya sistem operasi Windows atau aplikasi yang perlu diperbarui. Motherboard yang merupakan fondasi seluruh komponen PC juga harus diperhatikan.
 
Caranya adalah dengan mengunduh dan memasang update BIOS terbaru yang disediakan oleh produsen ke PC anda. Alasannya agar PC yang digunakan selalu bisa mencicipi teknologi atau fitur terbaru.
 
Apabila motherboard Anda sudah update, performanya juga mampu ikut meningkat atau bahkan lebih baik. Update BIOS juga membuat motherboard yang merupakan induk dari PC Anda kebal dari berbagai masalah atau serangan siber yang mengancam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setiap produsen motherboard selalu menyertakan akses fitur update BIOS dengan mudah. Berikut ini Medcom.id akan memberikan langkah update BIOS yang dilakukan pada motherboard ASUS ROG Maximus XI Extreme.
 
1. Masuk ke BIOS
Anda perlu mengetahui cara masuk ke BIOS motherboard. Setiap Anda baru menyalakan PC, dalam prosesnya akan muncul loading yang menampilkan logo dari motherboard serta tulisan di bagian bawah yang menjelaskan cara untuk masuk ke halaman BIOS.
 
Anda akan diminta untuk menekal tombol Del atau F2 selama tampilan tersebut muncul. Apabila tampilan layar sudah masuk ke halaman Windows, ulangi dengan restart PC Anda.
 
Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya
 
2. Cari menu update BIOS
Antarmuka BIOS motherboard sebetulnya "susah-susah gampang". Namun, kini setiap produsen motherboard membuat tampilan BIOS jauh lebih mudah untuk awam ketimbang beberapa belas tahun lalu.
 
Pada BIOS ASUS ROG Maximus XI Extreme, kami pertama memilih halaman utama atau Main untuk mengetahui versi BIOS yang sudah terpasang.
 
Apabila Anda bingung dalam menentukan BIOS terbaru yang harus digunakan, cukup akses situs produsen motheboard,dan pilih bagian support untuk menemukan daftar BIOS dan Firmware yang bisa diunduh.
 
Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya
 
Setelah memastikan versi BIOS yang digunakan masuk ke halaman Tool untuk menemukan opsi menu bernama ASUS EZ Flash 3 Utility. Apabila Anda bingung yang mana biasanya di bagian bawah atau samping halaman selalu ada informasi keterangan opsi menu yang pointer arahkan.
 
3. Pilih metode update BIOS
Setiap motherboard terkini biasanya menyediakan dua opsi cara update BIOS, yaitu menggunakan flash drive USB yang dicolok ke motherboard atau langsung otomatis menggunakan koneksi internet.
 
Apabila memilih menggunakan metode flash drive USB, terlebih dahulu Anda harus mengunduh BIOS terbaru dari situs produsen dan menyimpannya di dalam flash drive USB. Kemudian, flash drive tersebut dipasang ke port USB khusus BIOS di motherboard.
 
Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya
 
Biasanya di setiap I/O Port motherboard terkini, akan ada port USB yang dituliskan teks BIOS sebagai penanda. Nanti di dalam tampilan BIOS Anda cukup memilih flash drive USB yang berisi file update BIOS.
 
Bagaimana dengan opsi metode menggunakan koneksi internet atau online? Pada ASUS ROG Maximus XI Extreme, akan diberilan dua opsi lanjutan. Secara otomatis akan mencari sumber update BIOS atau opsi lain dengan langsung mengakses lewat jenis koneksi DHCP dari alamat situs produsen motherboard.
 
Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya
 
Apabila proses unduh update BIOS berhasil, proses pemasangan akan berlangsung, dengan beberapa kali proses restart PC secara otomatis. Pastikan bahwa selama proses update Anda tidak mematikan PC secara manual untuk menghindari kegagalan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif