Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Tips & Trik

Begini Cara Mudah Buat Podcast Berkualitas Bermodal Smartphone

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 17 Mei 2021 16:59
Jakarta: Podcast adalah konten baru yang kian digemari. Podcast yang hadir dalam bentuk audio menyajikan hiburan maupun wawasan baru dengan cara yang lebih mudah dinikmati yaitu dengan mendengarkannya sambil melakukan kegiatan yang lain.
 
Saat ini semakin banyak platform yang menyediakan konten podcast misalnya Podme.id yang juga menyediakan kesempatan kepada siapapun menjadi podcaster dengan menciptakan konten podcast mereka sendiri. Konten ini juga semakin dilirik banyak pendengarnya.
 
Hal ini tidak lain karena membuat konten podcast lebih mudah dibandingkan konten video. Anda hanya butuh ide konten yang menarik untuk dibahas di podcast dan perlengkapan sederhana berupa alat untuk merekam dan menyunting atau edit rekaman podcast sebelum dibagikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makanya bermodal gadget seperti smartphone saja sudah cukup untuk bisa menciptakan konten podcast selama Anda mengetahui triknya dan bisa merekam dengan kualitas audio yang cukup jelas, tidak harus terbaik.
 
Berikut ini Medcom.id mengumpulkan sejumlah tips dan trik untuk bisa menciptakan konten podcast berkualitas hanya bermodalkan smartphone selama kamu memiliki ide atau topik obrolan podcast yang menarik.
 
1. Hanya merekam audio di ruang yang tidak bising
Tidak semua bisa memiliki ruangan studio atau berlapis peredam suara makanya manfaatkan lokasi atau waktu yang tepat saat kondisi sekitar tidak terlalu bising
 
2. Matikan notifikasi di smartphone
Sejumlah mikrofon atau aplikasi recorder di smartphone tidak memiliki kemampuan untuk tidak merekam bunyi ringtone yang muncul. Jangan lupa untuk terlebih dahulu membuat smartphone ke mode Silent atau mengaktifkan fitur Do Not Disturb (DND) jadi notifikasi termasuk tanda getar (vibrate) tidak terekam.
 
3. Pertimbangkan gunakan aksesori audio tambahan
Saat ini sudah banyak tersedia aksesori sederhana untuk merekam podcast bermodal smartphone, misalnya splitter yang menyediakan dua lubang audiojack untuk menghubungkan earphone maupun mikrofon tambahan apabila kualitasnya lebih baik dibandingkan merekam dengan mikrofon bawaan smartphone.
 
4. Pasang smartphone di posisi yang tepat
Posisi juga bisa menentukan hasil audio yang direkam. Pasang jarak yang cukup antara mikrofon smartphone dengan mulut Anda. Hal ini untuk menghindari volume suara yang terlalu kencang maupun suara hembusan angin dari mulut atau hidung Anda.
 
5. Pastikan smartphone memiliki spesifikasi yang mencukupi, tidak perlu tinggi
Spesifikasi smartphone juga harus diperhatikan untuk memasang aplikasi penyuntingan atau editing sekaligus platform podcast untuk mengunggah (upload) rekaman audio. Kapasitas memori juga bisa menentukan durasi audio yang direkam.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif