Ilustrasi.
Ilustrasi.

Internet Semakin Bermanfaat Selama Ramadan, Apa Saja?

Teknologi Ramadan 2019
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Mei 2019 22:29
Jakarta: Ramadan adalah bulan setiap kegiatan bisa bernilai amal atau dianggap sebagai ibadah. Banyak hal yang dianggap sebagai sesuatu yang bisa mengganggu ibadah Ramadan, termasuk mengakses internet.
 
Dahulu internet dianggap jadi sumber konten yang bisa menggangu ibadah Ramadan. Namun, kini internet dan beragam teknologi atau layanan yang berkaitan dengannya memiliki lebih banyak manfaat selama Ramadan.
 
Medcom.id sudah mencatat beragam manfaat internet yang bisa diperoleh bahkan dianjurkan untuk dilakukan selama Ramadan. Internet justru membantu penggunanya semakin mudah melengkapi ibadahnya selama Ramadan.

1. Mudah memperoleh informasi keagamaan

Al Quran menjadi kitab suci yang dianjurkan untuk dibaca karena menjadi salah satu sumber ilmu agama. Namun diakui tidak semua orang mau membawa Al Quran ke manapun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa alasan di antaranya adalah karena takut Al Quran rusak atau kotor. Membawa Al Quran ukuran kecil mungkin lebih ringan tapi sebagian orang akan mengeluhkan ukuran teks di dalamnya yang terlalu kecil.
 
Dengan internet terdapat banyak situs atau aplikasi yang menyediakan Al Quran bahkan lengkap dengan terjemahan dan koleksi hadist bisa didapatkan dengan mudah.

2. Mengingatkan waktu ibadah

Harus diakui bahwa kita kerap lalai menunaikan ibadah salat meskipun menggunakan jam tangan atau jam di smartphone.
 
Memanfaatkan aplikasi pengingat salat penggunanya bisa lebih rajin menunaikan ibadah salat, baik wajib maupun yang sunnah. Dengan mudah, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur arah Kiblat sehingga tidak ada kata lupa untuk salat

3. Memudahkan cara beramal

Beramal tidak lagi harus menyediakan uang tunai. Lewat fitur m-banking atau QR code yang bisa dipindai dengan kamera smartphone kini proses beramal bisa jadi lebih mudah.
 
Banyak aplikasi pendamping ibadah yang juga sudaj bekerja sama dengan lembaga keagamaan pemerintah dan yayasan yang siap menyalurkan donasi amal dengan mudah langsung di dalam aplikasi.

4. Menyaksikan ceramah di manapun dan kapanpun

Sebagian pengguna internet mungkin lebih gemar menyaksikan video ketimbang membaca artikel. Kini banyak aplikasi keagamaan yang menyediakan konten video berisikan video dakwah. Jadi memperdalam ilmu agama lebih hidup.
 
Bahkan beberapa aplikasi keagamaan juga menyediakan layanan diskusi atau bertanya langsung ke ahli agama atau ulama. Jadi penggunanya bisa berinteraksi langsung.

5. Menyediakan informasi menu berbuka dan sahur

Ada beberapa hari di dalam bulan Ramadan saat setiap orang merasa bosan dengan menu berbuka dan sahur yang itu saja tapi bingung mau berganti menu apa.
 
Di bulan Ramadan biasanya banyak informasi dan aplikasi yang menyediakan beragam jenis menu berbuka dan sahur yang dilengkapi informasi kandungan gizi. Jadi penggunanya bisa mendapatkan menu yang spesial sekaligus menyehatkan selama bulan Ramadan.

6. Mempererat komunikasi dengan yang jauh

Momen Ramadan juga semakin meningkatkan komunikasi dengan kerabat yang jauh yang mungkin di hari-hari biasa jarang dihubungi. Alasannya karena momen Ramadan momen yang spesial, biasanya banyak orang yang berencana akan mudik menjelang Hari Raya Lebaran.
 
Internet menyediakan beragam aplikasi atau cara berkomunikasi yang bahkan semakin unik. Ada banyak fitur berkaitan dengan Ramadan yang bisa membuat komunikasi menjadi lebih seru.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif