Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Biar Baterai Awet, Begini Cara Matikan Koneksi 5G di Smartphone

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Januari 2022 07:26
Jakarta: Teknologi koneksi 5G menawarkan kecepatan internet yang lebih kencang dari 4G ditambah latensi super rendah yang efeknya membuat kualitas koneksi stabil, tidak gampang putus-putus. 
 
Di Indonesia layanan 5G sudah diluncurkan beberapa operator seluler. Hal ini sejalan dengan ketersediaan smartphone dengan fitur 5G-ready yang sudah dijual beberapa merek di Tanah Air.
Meskipun begitu 5G di Indonesia masih hadir di beberapa lokasi saja terutama di kota besar.
 
Jangkauannya yang masih minim ternyata juga berimbas ke daya tahan atau baterai smartphone.
Saat mode konektivitas 5G di smartphone menyala maka perangkat akan terus berusaha untuk mencari jaringan 5G meskipun ketika tidak ditemukan maka dia otomatis mengandalkan koneksi 4G. Hal ini ternyata membuat smartphone bekerja lebih keras, dikutip dari situs How to Geek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beruntung di setiap smartphone sudah tersedia pengaturan untuk memilih jenis konektivitas atau jaringan yang mau diprioritaskan. Di sini tersedia pilihan untuk menonaktifkan atau mematikan koneksi 5G di smartphone.
 
Medcom.id sudah membuat panduan cara mematikan koneksi 5G di smartphone jenis Android. Kami mencobanya di smartphone produksi Samsung dan langkahnya tidak banyak berbeda di merek lain.
 
1. Tarik atau sapukan jari Anda dari sisi atas layar smartphone ke bawah untuk menampilkan barisan notifikasi. Di sini akan muncul beberapa ikon menu, pilih ikon “gear” yang menyediakan akses ke menu “Settings” atau Pengaturan.
 
2. Pada halaman “Settings” atau Pengaturan pilih Connections, di merek smartphone lain bisa memilih menu “Network & Internet”.
 
3. Langkah selanjutnya pilih menu “Mobile network” dan geser ke bawah hingga menemukan pilihan bertuliskan “Preferred network type” atau “Network mode”.
 
4. Di bagian tersebut biasanya akan muncul informas koneksi internet yang bakal tersambung dengan keterangan 5G di urutan pertama. Pilih menu ini dan ganti menjadi pilihan 4G atau LTE alias yang tidak menampilkan koneksi 5G.
 
5. Kini smartphone Anda sudah mematikan koneksi 5G. Anda bisa mengulangi langkah tadi untuk mengaktifkannya kembali saat berada di lokasi yang tersedia sambungan jaringan atau sinyal 5G.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif