Aplikasi WhatsApp.
Aplikasi WhatsApp.

Hemat Konsumsi Kuota Internet di WhatsApp, Begini Caranya

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Agustus 2019 13:38
Jakarta: Setiap aplikasi yang terhubung ke internet di smartphone pasti membutukan kuota internet selama terhubung, termasuk WhatsApp yang menurut banyak orang mungkin tergolong aplikasi yang ringan.
 
Bagi pengguna yang sangat ingin menghemat konsumsi kuota internet mereka, WhatsApp sebenarnya sudah menyediakan beragam pilihan atau fitur untuk membantunya. Berikut ini Medcom.id merangkum langkah yang bisa dilakukan di dalam WhatsApp untuk menghemat kuota internet Anda.
 
1. Ubah konsumsi data di WhatsApp Call
WhatsApp Call adalah fitur panggilan suara dengan memanfaatkan konsumsi kuota internet, bukan pulsa seperti panggilan biasanya sehingga harga layannya juga lebih murah. Tetap saja, mungkin Anda ingin kuota internet Anda lebih hemat atau dialihkan untuk memutar konten video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di dalam pengaturan aplikasi WhatsApp tersedia fitur untuk membuat konsumsi data atau kuota internet saat melakukan WhatsApp Call menjadi lebih hemat. Caranya masuk ke halaman Settings kemudian pilih opsi Data Usage. Di bagian bawa halaman Data Usage tersedia opsi untuk mengaktifkan Low Data Usage.
 
Tentu saja saat fitur Low Data Usage diaktifkan maka kualitas panggilan suara akan lebih rendah dari pada biasanya. Selama kualitas internet kartu operator atau WiFi yang digunakan tergolong bagus maka fitur ini tidak akan terlalu menurunkan kualitas suara pada WhatsApp Call.
 
2. Jangan otomatis unduh konten media di percakapan
Seperti yang sudah diketahui bahwa WhatsApp bisa digunakan berbagi konten media mulai dari suara, video, foto, dan GIF. Pengguna bisa menghemat data atau kuota internet dan menghentikan proses otomatis unduh konten tersebut.
 
Sebagian dari Anda mungkin memilih untuk mengunduh konten yang hanya ingin dilihat atau memilih mengunduhnya saat terhubung WiFi di rumah, kantor, atau kafe. Pengguna bisa menonaktifkan fitur otomatis unduh di WhatsApp.
 
Caranya masuk ke halaman Settings di WhatsApp kemudian pilih opsi Data Usage. Di halaman tersebut akan terdapat pilihan Media Auto-Download atau unduh otomatis. Ubah pengaturan di fitur ini menjadi When Connected on WiFi atau hanya saat terhubung WiFi. Pilih konten atau jenis media yang diatur fitur ini.
 
Meskipun fitur ini aktif, pengguna tetap bisa mengunduh konten yang ada di WhatsApp secara manual dengan mengklik media tersebut di dalam percakapan dan mengunduhnya menggunakan koneksi data atau kuota internet.
 
3. Nonaktifkan fitur backup otomatis
Backup di WhatsApp digunakan untuk menyimpan seluruh percakapan dan konten media di dalamnya apabila suatu hari Anda kehilangan smartphone kesayangan. Tentu saja proses backup membutuhkan koneksi internet tapi pengguna mungkin tidak ingin prosesnya menggunakan kuota internet sendiri.
 
WhatsApp menyediakan opsi untuk melakukan proses backup hanya pada saat terhubung WiFi. Caranya, masuk ke Settings dan lanjutkan memilih opsi Chat. Di dalamnya pilih Chat Backups dan Anda akan menemukan pilihan bernama Backup to Google Drive yang akan menyediakan pilihan proses backup hanya saat terhubung ke WiFi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif