Karya tulis atau laporan penelitian tertentu mengharuskan kamu mencantumkan banyak tabel untuk mendukung tulisan. Karenanya, membuat daftar tabel di dokumen Word kerap menjadi momok sebab harus dilakukan secara manual, sebab merepotkan dan mengharuskan kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat daftar tabel secara lebih teliti dan rapi.
Berikut kami rangkumkan cara untuk membuat daftar tabel di dokumen Word secara otomatis, sehingga daftar tabel tampil lebih rapi dan mengurangi keharusan kamu menulis isi secara manual. Sebelum membuat tablet otomatis, kamu perlu membuat nama dan nomor masing-masing tabel di dalam dokumen.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Mircrosoft Word, Gampang Banget!
Cara Membuat Caption Nama dan Nomor Tabel
1. Buat tabel seperti biasa dan isi sesuai kebutuhan
2. Blok tabel lalu klik kanan atau klik menu Reference.
3. Pilih Insert Caption
4. Klik New Label
5. Beri nama label
6. Pada dialog Caption, isi nama tabel yang sesuai
7. Pilih posisi penyematan caption, di atas (above) atau di bawah (below) tabel
8. Pilih OK, kemudian label akan muncul di posisi yang telah kamu pilih
Baca Juga: Auto Rapi! Ini Cara Membuat Titik-titik Daftar Isi di Word Otomatis
Perlu diperhatikan, kamu bisa langsung membuat nomor tabel urut dari Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dan seterusnya. Kamu juga bisa menyesuaikan bab, misal seluruh tabel di Bab I diberi nomor Tabel 1.1, Tabel 1.2, Tabel 2.1, dan seterusnya sesuai dengan bab.
Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis
Pada dokumen, daftar tabel umumnya berada di halaman depan setelah daftar isi. Setelah tabel dibuat serta diberi nama dan nomor caption, berikut cara membuat daftar tabel otomatis.
1. Buat halaman baru pada dokumen Microsoft Word
2. Klik menu Reference
3. Pilih Insert Table of Figure
4. Pilih label tabel yang telah kamu buat
5. Pilih OK
Daftar tabel kemudian akan muncul secara otomatis sesuai dengan nomor halaman. Demikian cara membuat daftar tabel secara otomatis. Selamat mencoba!
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News