Ilustrasi.  (The Verge)
Ilustrasi. (The Verge)

Tips & Trik

Begini Cara Cari Judul Lagu Viral di TikTok

Teknologi media sosial teknologi tips dan trik teknologi tiktok
Cahyandaru Kuncorojati • 29 November 2020 16:05
Jakarta: TikTok bukan cuma jadi media sosial untuk menemukan konten video menarik karya penggunanya. Platform ini kerap menjadi tempat untuk membuat lagu menjadi viral, misalnya karena videonya menarik atau memang kita belum pernah mendengarnya.
 
Makanya tidak heran apabila media sosial seperti TikTok juga dianggap sebagai celah bagi industri musik untuk bisa mendapatkan perhatian. Di sini sebuah lagu bisa menjadi ikut terkenal karena video yang menggunakaannya menjadi viral.
 
Namun sering kali pengguna TikTok atau sekadar pengguna media sosial yang menemukan konten dari TikTok kesulitan menemukan judul lagu yang digunakan dalam video viral tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini Medcom.id menemukan trik cara mencari tahu judul lagu viral di TikTok. Caranya menggunakan aplikasi pengenal musik misalnya Genius dan Shazam. Jadi kedua aplikasi ini bisa mengenali sebuah musik atau lagi dari suara musik yang terekam.
 
1. Genius
Aplikasi ini tersedia untuk Android maupun iOS. Genius sendiri dikenal sebagai aplikasi penyedia lirik lagu yang juga digandeng oleh Spotify. Caranya menggunakannya mudah, pertama buka aplikasi Genius kemudian tekan tombol ikon soundwave di sudut kiri atas aplikasi.
 
Selanjutnya langung berganti ke aplikasi video dengan video TikTok yang sudah berjalan. Di proses ini aplikasi Genius sedang merekam suara musik di video tersebut. Kembali ke aplikasi Genius, apabila mereka memiliki lagu tersebut di dalam koleksinya maka hasil pencarian akan langsung disajikan
 
2. Shazam
Aplikasi ini sudah lebih populer di iOS namun kini juga tersedia di Android. Shazam memiliki cara kerja yang sama dengan aplikasi Genius tapi sudah lebih dulu di kenal sebelum adanya TikTok.
 
Namun Shazam bisa bekerja lebih akurat apabila suara musik yang diputer terdengar dengan jelas. Makanya sebaiknya digunakan dengan tambahan satu smartphone yang khusus untuk memutar TikTok.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif