Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Hemat Kuota, Begini Cara Matikan Autoplay Video di Facebook

Teknologi media sosial teknologi facebook tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Agustus 2021 13:52
Jakarta: Media sosial seperti Facebook menjadi aplikasi mobile paling sering diakses, di sini pengguna tidak cuma bisa berbagi momen dan melihat kegiatan teman tapi juga menemukan beragam konten hiburan. Tentu saja untuk mengakses dan melihat semua konten foto atau video membutuhkan kuota internet.
 
Konten video dikenal memiliki konsumsi kuota internet yang lebih besar dibandingkan foto atau sekadar teks. Makanya konten ini disebut paling menyedot kuota internet. Di media sosial ada banyak konten video yang dibagikan, tidak cuma dari teman tapi grup atau forum Facebook yang kita ikuti.
 
Sayangnya ada beberapa video yang belum tentu mau kita lihat tapi Facebook memiliki fitur autoplay atau otomatis memutar video yang muncul di bagian tengah layar saat kita sedang melihat timeline. Tentu saja video yang berputar secara otomatis (autoplay) juga akan langsung menyedot kuota internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini Medcom.id sudah membuat panduan cara mematikan autoplay video di Facebook bagi pengguna aplikasi Bahasa Indonesia:
 
Pilih ikon tiga garis yang ada di baris kanan atas tampilan aplikasi Facebook di layar smartphone kemudian geser menu ke bawah pada halaman baru. Pilih menu Pengaturan & Privasi.
  1. Di menu baru yang muncul di bawahnya pilih menu Pengaturan.
  2. Di halaman yang baru, lihat daftar menu pada bagian Preferensi dan pilih menu Media
  3. Langkah selanjutnya adalah pilih menu “Jangan Pernah Putar Video Otomatis” sehingga fitur ini aktif dan muncul tanda centang biru.
  4. Kini Anda bisa kembali ke halaman utama atau timeline Facebook karena fitur autoplay video Facebook sudah tidak aktif.
Sebelumnya fitur autoplay dihadirkan Facebook untuk membuat aplikasi lebih interaktif, pengguna tidak harus menekan tombol Play saat ingin melihatnya dan bisa melewatkannya begitu saja. Namun di sisi lain fitur ini jelas menyedot kuota internet.
 
Pengguna yang ingin menghemat kuota internet dan selektif dalam memilih video yang ingin dilihat akan sangat terbaru dengan memilih mematikan autoplay video di Facebook. Kini Anda bisa memilih untuk hanya menonton video yang Anda suka.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif