Ilustrasi.
Ilustrasi.

Andalkan Powerbank Saat Listrik Padam, Ini Tips Memilihnya

Teknologi pln tips dan trik teknologi listrik padam
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Agustus 2019 16:26
Jakarta: Powerbank fungsinya menjadi sangat vital saat Anda di tengah perjalanan dan tidak menemukan sumber listrik untuk mengisi daya baterai smartphone Anda. Demikian juga saat kondisi listrik padam, Anda mungkin berharap smartphone menjadi satu-satunya hiburan atau sumber pertolongan.
 
Kondisi di atas sangat tepat menggambarkan kawasan Jabodetabek dan sebagian Pulau Jawa sejak kemarin siang hingga hari ini. Beberapa kawasan mengalami lsitrik padan dan PT PLN (Persero) belum memastikan kapan kondisi tersebut ditambah pemadaman listrik bergilir berakhir kembali normal.
 
Medcom.id menyarakan Anda mulai mempersiapkan powerbank yang dimiliki dengan cara mengisi dayanya. Bagi Anda yang baru akan membeli powerbank maka tidak ada salahnya mengikuti panduan Medcom.id untuk mendapatkan powerbank yang berkualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan sampai powerbank yang dibeli dengan harga mahal malah berusia pendek atau malah merusak gadget yang terhubung.
 
1. Jangan asal murah dengan kapasitas daya besar
Tidak semua power bank memiliki kualitas yang baik. Beberapa di antaranya bahkan menggunakan baterai daur ulang agar harganya menjadi murah dan pembuatnya mendapat keuntungan berlipat. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih powerbank yang menawarkan garansi. Meskipun harganya lebih mahal, namun Anda akan lepas dari risiko kerusakan pada gadget kesayangan Anda.
 
2. Besar daya kadang juga memiliki bentuk yang besar
Powerbank hadir di pasaran dengan berbagai kapasitas daya. Semakin besar kapasitas dayanya, semakin besar pula ukurannya dan hal tersebut akan membuatnya sulit untuk dibawa kemana-mana. Sebaiknya Anda menyesuaikan kapasitas powerbank dengan kebutuhan sehari-hari agar aktivitas Anda tak terganggu.
 
Beruntung saat ini sudah semakin banyak powerbank yang memiliki desain ramping dan ringan namun memiliki kapasitas daya yang besar. Namun, pastikan bahwa powerbank itu adalah asli atau orisinil dari merek yang tertera karena beberapa powerbank palsu akan menipu dari kemasannya.
 
3. Gunakan konektor atau kabel data yang asli
Inilah yang seringkali dilakukan para pengguna powerbank. Banyak power bank yang menyertakan berbagai jenis konektor pada paket penjualannya, namun perlu Anda ketahui bahwa tak semua konektor tersebut memiliki kualitas yang baik untuk digunakan pada gadget Anda.
 
emungkinan terburuk yang terjadi ketika Anda salah menggunakan konektor adalah timbulnya hubungan arus pendek pada gadget Anda yang tentunya akan berujung pada kerusakan komponen. Sebaiknya Anda gunakan konektor orisinil bawaan gadget Anda untuk digunakan sebagai konektor pada powerbank, karena telah teruji keamanannya.
 
4. Pahami fitur
Powerbank semakin canggih. Tidak hanya menyediakan pasokan listrik tapi juga tersedia fitur yang menjaga keamanan powerbank itu sendiri termasuk gadget yang terhubung.
 
Beberapa fitur yang dimiliki adalah short circuit protection, fitur yang akan melindungi gadget Anda ketika terjadi hubungan arus pendek. Kemudian ada over charging protection, fitur yang akan mencegah powerbank mengalirkan daya terus menerus ke gadget Anda ketika baterainya telah penuh.
 
Fitur ketiga yang juga mulai banyak tersedia adalah temperature protection, fitur yang dapat mendeteksi tingkat kepanasan dan mencegah terjadinya kelebihan panas.
 
5. Pilih output daya powerbank yang sesuai
Beberapa powerbank memiliki output daya yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi, sehingga membahayakan gadget Anda. Perhatikan output daya pada gadget dan sesuaikan dengan output daya powerbank yang akan Anda beli. Penggunaan daya yang sesuai juga akan membuat proses pengisian baterai semakin cepat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif