Ilustrasi.
Ilustrasi.

Begini Cara Bikin Instagram Stories yang Menarik

Teknologi media sosial teknologi tips dan trik teknologi instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 21 November 2019 15:04
Jakarta: Foto dan video adala dua konten utama Instagram. Saat ini penggunanya juga disuguhi satu fitur baru yang dinilai jauh lebih diminiati untuk disaksikan, Instagram Stories.
 
Instagram Stories atau yang disebut juga sebagai Instastory merupakan video singkat dengan jumlah unggahan tidak terbatas serta akan terhapus dalam 24 jam. Konten dinilai lebih menarik karena sifatnya real-time dan interaksi di dalamnya lebih menarik dengan beragam fitur konten pelengkap.
 
Instagram Stories yang menarik tentunya bisa mengundang banyak interaksi dengan teman atau follower Anda. Lebih jauh lagi konten ini bisa digunakan untuk berbisnis. Namun sebelum sampai ke tahap memonetisasi konten Instagram Stories, mari mencoba membuat konten yang menarik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Ciptakan template untuk Instagram Stories dan gunakan berpola
Instagram Stories sama seperti konten bercerita. Jadi menggunakan desain konten atau template yang rapi akan membuatnya enak dilihat dan dinikmati pengguna lainnya.
 
Jadi mulai biasakan membuat Instagra Stories dengan template yang berpola misalnya, satu buah template tata letak huruf, pemilihan warna, dan lainnya diterapkan untuk durasi tertentu baik itu satu hari maupun beberapa jam.
 
Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi yang menyediakan template siap pakai untuk Instagram Stories. Ini bisa dimnfaatkan selama Anda belajar menciptakan template sendiri.
 
2.Memilih gaya bercerita, foto atau video maupun kombinasi
Pasti ada banyak momen yang ingin Anda bagikan atau ceritakan di media sosial. Instagram menyediakan pilihan video dengan beragam efek atau jenis tulisan
 
Di sini pengguna juga ditantang untuk memilh gaya bercerita yang pas dengan momen tersebut. Misalnya konsisten dengan teks dan foto yang bisa dilengkapi dengan musik atau video dengan musik. Bahkan penggunanya bisa memadukan konten foto dan video.
 
Di bagian ini memang harus cermat, tidak ada pola yang pasti dan setiap pengguna punya gaya bercerita sendiri untuk setiap momen yang berbeda.
 
3. Edit foto dan video sebelum diunggah ke Instagram Stories
Tidak semua konten foto dan video secara mentah langsung diunggah ke Instagram Stories. Kalau Anda ingin konten jauh lebih menarik dan matang memang butuh waktu lebih dengan cara edit atau menyuntingnya.
 
Beberapa aplikasi template Instagram Stories bisa mendukung penyuntingan foto dan video. Bagi yang ingin menyunting video lebih jauh, bisa gunakan aplikasi penyuntingan khusus video.
 
Artinya, Anda harus menyiapkan beberapa aplikasi demi membuat konten yang menarik dan Instagram Stories hanya menjadi tempat membagikannya.
 
4. Jangan bercerita sendiri, gunakan Sticker untuk berinteraksi
Instagram Stories dilengkapi dengan berbagai Sticker untuk berinteraksi, mulai dari voting, bertanya dan menjawab, memberikan skor, dan lainnya.
 
Gunakan Sticker tersebut untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Apabila ada jawaban atau respons menarik, segera jawab dan jangan segan mengunggahnya ke Instagram Stories Anda. Jadikan ini sebagai kesempatan Anda untuk menjaga interaksi dengan follower atau justru menambahnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif